15 December 2019, 09:00 WIB

Cicitan Mesut Oezil Banjir Kecaman dari Tiongkok


(Ant/R-2) | Sepak Bola

Photo by Ozan KOSE / AFP)
 Photo by Ozan KOSE / AFP)
Seorang pendukung minoritas Muslim Uighur China memegang plakat gelandang Arsenal asal Turki Mesut Ozil membaca tweetnya " 

KICAUAN yang diunggah bintang Arsenal asal Jerman, Mesut Oezil, di akun Twitter-nya menuai kecaman dari sejumlah warganet di Tiongkok. Pemain berdarah Turki itu dalam Twitter-nya merujuk Daerah Otonomi Xinjiang, Tiongkok, yang banyak dihuni etnik minoritas Uighur itu dengan sebutan East Turkistan (Turkistan Timur).

Beberapa warganet dan penggemar sepak bola di Tiongkok, Jumat (13/12), menyayangkan kicauan tersebut karena tidak seharusnya seorang pemain sepak bola sekelas Oezil turut mencampuri urusan dalam negeri Tiongkok dengan menunjukkan dukungannya terhadap kelompok separatis di Xinjiang.

Bahkan, beberapa penggemar Arsenal ada yang menyerukan pemboikotan klub papan atas Liga Inggris itu.

Kemarin, Arsenal secara resmi mengeluarkan pernyataan di akun Sina Weibo bahwa apa yang diunggah Oezil merupakan pandangan pribadi. Sebagai klub sepak bola, Arsenal menegaskan pendiriannya untuk tidak mencampuri urus-an politik. Namun, kemarahan penggemar sepak bola di Tiongkok belum juga mereda. (Ant/R-2)

BERITA TERKAIT