14 December 2019, 17:58 WIB

Hore, Warga Pulau Sebira Bisa ke Daratan Jakarta Hanya 2,5 Jam


Indriyani Astuti | Megapolitan

MI/Indriyani Astuti
 MI/Indriyani Astuti
Tiket Kapal Feri untuk Warga Pulau Sebira

WARGA Pulau Sebira di Kepulauan Seribu kini bisa mengakses fasilitas transportasi laut yang disediakan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta berupa kapal feri cepat di Dermaga Muara Karang, Angke, Jakarta.

Pulau Sebira merupakan pulau paling utara yang masuk dalam Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu dan Jakarta. Jaraknya dengan pelabuhan Muara Karang, Angke, DKI Jakarta, sekitar 119 kilometer.

Kapal milik Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI berada di paling ujung dermaga, seberang kapal kayu. Warga Pulau Sebira, Ade, 30, menuturkan, sebelum ada kapal cepat, satu-satunya pilihan warga yang ingin ke pulau dan daratan ialah menggunakan kapal tradisional.

"Waktu tempuh bisa 9 jam. Kapalnya belum tentu seminggu sekali. Sekarang bisa ke daratan hanya 2,5 jam," ucap Ade.

Baca juga: 2020, Warga Kepulauan Seribu Bisa Cetak Dokumen Adminduk Sendiri

Sejak 2018, kapal yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dari Muara Karang ke Pulau Sebira berangkat setiap Sabtu, Minggu dan Senin pukul 09.00 WIB. Adapun rutenya dibagi dalam tiga zona yakni zona 1 yakni dari Muara Angke ke Pulau Untung Jawa, Lancang dan Pari.

Penumpang hanya membayar Rp44.000 untuk zona 1. Lalu  zona 2 berhenti di Pulau Payung, Tidung dan Kelapa dengan harga Rp54.000 dan zona 2+ menuju Pulau Sebira dengan harga Rp74.000. Harga tiket sudah termasuk asuransi. Loket dibuka pada pukul 8.00 WIB. Petugas akan memeriksa nama sesuai dengan daftar jumlah penumpang.(OL-5)

BERITA TERKAIT