14 December 2019, 16:11 WIB

Rute Mikrotrans Jak 36 Lewati Rumah DP Rp0 Jilid 2


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
 ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petugas mengatur arus kendaraan angkutan kota (Angkot) di Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019).

LAYANAN Mikrotrans Jak 36 dengan rute Jl.Raya Bogor-Cilangkap melengkapi akses rumah DP Rp0. Groundbreaking rumah tersebut dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Kamis (12/12) lalu.

Jalur yang telah disiapkan trayeknya oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sejak 16 Agustus 2019 lalu ini diharapkan membantu akses mobilitas penghuni untuk kesehariannya.

Untuk rute Mikrotrans Jak 36 ini disampaikan Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Trans-Jakarta) Nadia Diposanjoyo akan melayani pelanggan sepanjang Jalan Raya Bogor, mulai dari Bogor menuju Cilangkap. Untuk dilintasan yang dilalui mulai dari Simpang Jl Masjid Al-Ikhsan-Jl Pondok Gede-Jl Taman Mini Pintu I-Jl Raya Mabes Hamkan-Jl Ceger-Jl Bina Marga-Jl Raya Cilangkap.

“Setelah itu Mikrotrans Jak 36 akan berputar melalui rute yang sama hingga kembali ke titik awal,” ujar Nadia di Jakarta, Sabtu (14/12).

Dengan adanya layanan Mikrotrans Jak 36, Nadia berharap warga yang tinggal di hunian DP Rp0 akan mendapat akses transportasi mudah dan nyaman. Dalam hal ini, mereka bisa memanfaatkan Mikrotrans Jak 36 sebagai layanan pengumpan menuju moda transportasi lainnya untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan.

Baca juga: Realisasi Mikrotrans Lebihi Target, TransJakarta Batasi Serapan

Nadia mengatakan, layanan Mikrorans Jak 36 ini terintegrasi dengan beberapa layanan Trans-Jakarta lainnya baik koridor (BRT) maupun nonkoridor (non-BRT). Ada tiga rute bus yang terintegrasi dengan Jak 36 yakni Koridor 7B Non-BRT rute Kampung Melayu–Blok M, Koridor 7 BRT rute Kampung Rambutan–Kampung Melayu dan Koridor 9 BRT rute Pinang Ranti–Pluit.

“Dengan ini pelanggan kami bisa memanfaatkan layanan Jak 36 sebagai moda pengumpan menuju moda lainnya dengan mudah,” kata Nadia.

Selain itu, sambung Nadia, pelanggan saat ini juga telah dimudahkan dengan program mandiri bertransportasi, lewat layanan Tap On Bus (TOB).

“Jadi, pelanggan tidak hanya terintegrasi dalam hal layanan saja tetapi juga terintegrasi dalam sistem pembayaran cukup dengan menggunakan kartu Jaklingko,” imbuh Nadia.

Sebagai informasi, selain terintegrasi dengan baik, Jak 36 juga memiliki lintasan rute yang melintasi beberapa fasilitas sosial dan umum yang cukup ramai seperti Unit Pelayanan Angkutan Sekolah Dishub, Universitas Moh Thamrin, Tamini Square Mall, Taman Mini Indonesa Indah, Korean School International dan Agrowisata Cilangkap.(OL-5)

BERITA TERKAIT