14 December 2019, 23:40 WIB

Trik Memilih Bengkel Body & Cat Mobil


M. Bagus Rachmanto | Otomotif

medium.com
 medium.com
Bengkel Body & Cat Mobil

JELANG  musim mudik, pemilik mobil wajib untuk memeriksakan kendaraanya agar terbebas dari berbagai macam masalah dan menjaga keamanan selama perjalanan. Selain melakukan pengecekan bagian mesin, kaki-kaki, dan kelistrikan, tidak ada salahnya pemilik mobil melakukan perbaikan di bagian body mobil.
 
Pemilik mobil bisa datang ke bengkel body & cat di bengkel resmi atau bengkel umum yang spesialis menangani body dan pengecetan. Tentu saja kedua bengkel ini menawarkan keunggulan dan juga kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan pemilik mobil sebelum melakukan perbaikan.
 
Bila melakukan perbaikan di bengkel resmi, tentu dari segi harga akan sedikit lebih mahal dibandingkan ke bengkel umum. Tentu saja untuk harga juga tergantung jenis mobil sampai kepada kerusakan yang dialami.

“Karena tergantung tingkat kerusakannya, dan juga masing-masing model, serta per panel untuk setiap mobil berbeda-beda,” kata Body Painting Service Head Auto2000 Bekasi Timur, Bambang Sulistiyanto, melalui situs resmi Auto2000.
 
Bambang melanjutkan, sebagai contoh untuk pengecatan bagian pintu atau per panel paling murah dimulai Rp700 ribu, sementara buat perbaikan body dilihat dari tingkat kerusakan dari mobilnya.
 
"Kalau di Auto2000 sudah pasti hasilnya maksimal, karena semua peralatan disesuaikan dengan standar dari Toyota di Jepang,” ungkap Bambang.
 
Harga ini jelas berbeda dengan yang ditawarkan oleh bengkel umum. Tim Medcom.id melakukan pengecatan ulang Suzuki Ertiga di sebuah bengkel cat di Jatiwarna Bekasi. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung kesepakatan, dan harganya berkisar Rp350-400 ribu.
 
Namun perlu diingat, sebelum memilih bengkel cat mobil sebaiknya banyak bertanya untuk menambah referensi, dan sebaiknya pilih yang sudah direkomendasikan agar hasilnya tidak belang dan sesuai yang diinginkan. Pilih bengkel cat yang tempatnya tertutup untuk mendapatkan hasil yang baik. Memang umumnya bengkel yang memiliki peralatan yang lengkap akan memberikan harga yang lebih mahal ketimbang bengkel yang peralatannya sederhana, namun dalam hal urusan hasil, kita harus pintar-pintar dalam memilih.
 
Nah untuk anda yang tertarik memperbaiki dan mengecat ulang body mobil, tidak ada salahnya untuk mulai memasukan mobil anda ke bengkel sejak sekarang. Agar mobil bisa digunakan untuk pergi ke kampung halaman dengan nyaman dan tampilan mengkilap.  (Medcom/OL-12)

BERITA TERKAIT