13 December 2019, 19:10 WIB

Digital Academy Dukung Peningkatan SDM Indonesia di era 4.0


mediaindonesia.com | Ekonomi

KOMITMEN Presiden Joko Widodo untuk fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) turut didukung oleh Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dengan membangun platform Digital Academy.

Platform tersebut disediakan untuk seluruh masyarakat yang berminat meningkatkan kompetensi dan pengetahuannya di bidang teknologi digital. Platform pembelajaran itu diadopsi dan diadaptasi dari paket-paket program Digital Talent Scholarship Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Salah satu penyedia infrastruktur digital dalam Digital Academy ialah Zettagrid yang fokus pada penyediaan solusi IT dan Cloud. Country Manager Zettagrid Indonesia Reza Alvin menegaskan komitmennya mendukung Digital Academy untuk pengembangan SDM Indonesia.

“Infrastruktur IT Cloud dari Zettagrid akan membantu Mastel dalam membangun dan menempatkan platform Digital Academy yang nantinya akan digunakan masyarakat Indonesia untuk mengikuti e-learning platform tersebut,” jelas Reza dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Talenta Digital di Indonesia Masih Sulit Dicari

Direktur Eksekutif Mastel Arki Rifazka mengatakan, lewat kerja sama itu Mastel ingin turut serta meningkatkan kompetensi SDM Digital Indonesia agar lebih siap menyambut era Industri 4.0.

"Dengan SDM Digital yang mencukupi jumlah dan kompetensinya, untuk semua sektor ekonomi dan sosial, Mastel berkeyakinan bahwa bonus demografi akan dapat terjadi. Alhamdulillah, Zettagrid memberikan dukungan infrastruktur cloud yang tentu sangat mendukung operasional platform digital academy yang sedang kami kembangkan," ujarnya.

Melalui e-learning dalam platform Digital Academy, para peserta program akan mendapat kesempatan untuk mempelajari modul-modul seperti Internet of Things, Big Data, Cloud Computing, Artificial Intellegence, Mobility, Virtual dan Augmented Reality, sistem sensor dan otomasi, serta Virtual Branding.

Selain itu, platform ini akan menjadi penghubung bagi para lulusan Program Digital Talent Scholarship dari Kemkominfo dan lulusan digitalacademy.id Mastel untuk mendapat peluang magang ataupun recruitment di perusahaan-perusahaan anggota Mastel dan mitra-mitra lain. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT