14 December 2019, 06:00 WIB

Maksimal hanya Dua Gelar


Despian Nurhidayat | Olahraga

Dok.PBSI
 Dok.PBSI
Mohammad Ahsan (depan) yang berpasangan dengan Hendra Setiawan berusaha mengembalikan bola pukulan ganda Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin,  

INDONESIA harus puas hanya meloloskan wakil ke semifinal sektor tunggal dan ganda putra turnamen bulu tangkis BWF World Tour Finals 2019. Di sektor ganda campuran serta ganda putri, wakil Indonesia harus angkat koper lebih awal.

Di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting lolos ke empat besar setelah menjadi juara Grup B. Di laga terakhir penyisihan grup di Tianhe Gymnasium, Tiongkok, kemarin, Anthony menang WO atas pemain Denmark, Viktor Axelsen, yang tidak mampu meneruskan pertandingan di gim pertama saat kedudukan 6-13 karena cedera.

"Bersyukur bisa masuk ke babak selanjutnya karena grup ini berat. Untungnya saya bisa menang straight game dari Chen Long dan dapat satu gim melawan Chou (Tien Chen)," kata Anthony yang di semifinal akan menghadapi runner-up Grup A, Wang Tzu Wei (Taiwan).

Namun, sukses Anthony tidak diikuti Jonatan Christie. Bergabung di Grup A, Jonatan tersingkir setelah di laga terakhir penyisihan kalah 14-21, 14-21 dari pemain Jepang, Kento Momota.

Di ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tetap melangkah ke semifinal walau di laga terakhir penyisihan Grup B kalah 8-21, 18-21 dari ganda Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin. Ahsan/Hendra lolos sebagai runner-up grup dan akan menghadapi juara Grup A, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

"Untuk sementara yang penting kami lolos dulu ke semifinal. Setelah ini kami pikirkan strategi yang baik untuk pertandingan selanjutnya," ungkap Hendra.

Ganda putra Indonesia lainnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, juga lolos ke semifinal setelah laga terakhir Grup A, menundukkan ganda Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda 21-16, 21-17. Di empat besar, Kevin/Marcus akan meghadapi ganda Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-lin

Tersingkir

Di ganda campuran, dua wakil Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang berada di Grup B gagal menembus empat besar. Di laga terakhir, Hafiz/Gloria kalah 14-21, 12-21 dari pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Sementara itu, Praveen/Melati tumbang di tangan ganda tuan rumah Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong 8-21, 21-15, 20-22.

Di ganda putri, satu-satunya wakil Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, juga harus menjadi juru kunci Grup A. Setelah menelan tiga kekalahan atas lawan-lawannya. Pada laga terakhir penyisihan Grup A, Greysia/Apriyani kandas dari pasangan Tiongkok, Du Yue/Li Yin Hui 21-12, 17-21, 11-21. (R-1)

BERITA TERKAIT