13 December 2019, 21:42 WIB

Petang Tadi Angin Kencang Hantam Klaten


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djko Sardjono
 MI/Djko Sardjono
Pohon tumbang diterjang angin kencang di Klaten

SEBAGIAN wilayah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, disapu angin kencang yang disertai hujan lebat, Jumat (13/12) sore. Banyak pohon tumbang dan genteng rumah penduduk beterbangan akibat bencana alam tersebut.

Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Klaten menyebut tujuh wilayah kecamatan yang diterjang angin kencang, Cawas, Trucuk, Karanganon, Klaten Utara, Prambanan, Ceper, dan Jatinom.

Menurut petugas Pusdalops PB BPBD Klaten Arif Fuad Hidayah, dampak bencana alam tersebut, antara lain pohon dan tiang listrik tumbang, serta atap rumah penduduk  di beberapa wilayah kecamatan berhamburan disapu angin kencang.

Selain itu, tenda yang dipenuhi jamaah pengajian di lapangan Desa Gombang, Kecamatan Cawas, roboh diterjang angin kencang yang diserta hujan lebat. Jamaah pengajian pun bubar, tapi tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

''Banyak pohon tumbang menutup akses jalan, seperti yang terjadi di Desa Gombang, Kecamatan Cawas; Desa Meger, Kecamatan Ceper; Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom; dan Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara,'' jelasnya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Klaten bersama TNI, Polri, relawan bencana, dan warga masyarakat langsung turun ke tempat kejadian untuk penanganan pohon tumbang dan atap rumah penduduk yang berserakan akibat angin kencang. (OL-11)

 

BERITA TERKAIT