13 December 2019, 20:43 WIB

16 Tahun Mengaspal, Penjualan Toyota Avanza Capai 1,8 Juta Unit


Nurtjahyadi | Otomotif

Dok TAM
 Dok TAM
model baru Toyota Avanza

SEJAK pertama kali diluncurkan pada 11 Desember 2003, penjualan mobil multifungsi Toyota Avanza berhasil menembus 1,8 juta unit. Capain itu pun menjadi hadiah ulang tahun ke-16 Avanza.

Keberhasilan model ini memang sudah terlihat sejak awal. Pada tahun pertama saja Avanza sudah terjual sebanyak 43 ribu unit. Antusiasme masyarakat yang tetap tinggi terhadap model ini berhasil menjadikan Avanza sebagai MPV terlaris di Indonesia.

Avanza juga berhasil mempertahankan diri sebagai kendaraan pilihan masyarakat Indonesia. Di tengah penurunan permintaan pasar sebesar 11,1% pada segmen Low MPV pada tahun ini, angka penjualan Avanza justru tumbuh sebesar 6,9% dibandingkan tahun lalu.

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Avanza lahir dari upaya Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan the real 7-seater MPV dengan DNA yang handal dan tangguh.

"Kami bersyukur hingga di usianya ke-16 tahun ini, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia," ungkap Anton.

Baca juga : Toyota Luncurkan Aplikasi mTOYOTA

Tak lupa Anton mengucapkan terima kasihnya kepada pelanggan, khususnya kepada lebih dari 1,8 juta pengguna Avanza yang semakin memberikan kepercayaan kepada Avanza untuk menjadi MPV terlaris di Indonesia dan sekaligus menjadi Part of Indonesia Greatness.

Lebih jauh Anton yang pada awal karirnya di Toyota juga turut berkiprah dalam melahirkan Avanza menambahkan, Avanza ini tidak hanya tampil fenomenal di sisi pencapaian tetapi juga mampu membuat segmen Low MPV menjadi sangat besar.

"Satu tahun sebelum Avanza muncul, pasar Low MPV hanya berkisar 5 ribuan unit. Namun setelah Avanza muncul pasar Low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi di 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit. Kami bersyukur Avanza tetap menjadi MPV pilihan masyarakat Indonesia selama 16 tahun terakhir, meskipun banyak pemain baru di segmen Low MPV," paparnya.

Ia menambahkan, Avanza juga berhasil menjadi mobil terfavorit, bahkan tidak hanya di segmen Low MPV tetapi juga di seluruh segmen otomotif roda empat.

"Tentunya kami akan menjadikan masukan dari pengguna Avanza mengenai kebutuhan dan ekspektasi mereka untuk terus melakukan continuous improvement untuk Avanza kedepannya agar senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan,” ujar Anton.

Baca juga : Auto2000 Balikpapan Raih Penghargaan Best Innovation

Tak berhenti di situ, Toyota kembali melakukan peningkatan yang signifikan pada Avanza-Veloz di awal 2019. Tampilan New Avanza menjadi lebih modern dan tampilan New Veloz menjadi lebih stylish.

Selain itu, Toyota juga meningkatkan level kenyamanan pada New Avanza dan New Veloz dengan menambahkan peredam suara di beberapa bagian mobil untuk mengurangi tingkat kebisingan secara signifikan.

“Kami bersyukur berbagai bentuk improvement yang kami lakukan dapat senantiasa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan yang kian dinamis. Berbagai masukan yang diberikan oleh pelanggan setia Avanza, memberikan dorongan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan performa Avanza baik dari sisi durability, kenyamanan, dan keamanan," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto. (OL-7)

BERITA TERKAIT