13 December 2019, 17:27 WIB

Kapasitas dan Pengalaman jadi Alasan Jokowi Pilih Wiranto


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (kiri)

PRESIDEN Joko Widodo mengungkapkan alasannya menunjuk Wiranto sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024. Mantan Menko Polhukam itu dinilai memiliki rekam jejak dan pengalaman di berbagai bidang.

“Saya sampaikan, masalah pengalaman, track record. Pak Wiranto track record dan pengalamannya sudah banyak baik di pemerintahan mau pun TNI," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (13/12).

Selain Wiranto, Jokowi melantik delapan anggota Wantimpres lainnya. Mereka ialah Arifin Panigoro, Agung Laksono, Sidharto Danusubroto, Habib Luthfi bin Yahya, Putri Kuswisnu Wardhani, Dato Sri Tahir, Mardiono, dan Soekarwo.

Baca juga: Wiranto Hingga Habib Luthfi Disebut Jabat Wantimpres

 

Jokowi menyebut, anggota Wantimpres yang dilantik sudah dipertimbangkan melalui rekam jejak, kapabilitas, dan integritas.

“Saya kira beliau-beliau ini memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden baik diminta ataupun tidak minta. Saya kira beliau-beliau memiliki kapasitas," ujarnya.

Sementara Wiranto berterima kasih kepada Jokowi yang telah memberikan kepercayaan untuk menjadi ketua merangkap anggota Wantimpres. Menurutnya, Wantimpres harus memahami betul jalan pikiran, keinginan, dan harapan presiden dalam menjalankan pemerintahan lima tahun ke depan.

Arahan Presiden, sambung Wiranto, ialah mengedepankan pembangunan sumber daya manusia yang canggih, cerdas, dan cekatan untuk pembangunan yang lebih cepat bagi negeri ini. Oleh karena itu, ia mengatakan harus memahami jalan pikiran Jokowi.

"Memberi pertimbangan kan harus mengikuti jalan pikiran yang diberikan pertimbangan," ujarnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT