13 December 2019, 14:06 WIB

Mantan Presiden Bank Dunia Temui Jokowi Bahas Investasi


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

MANTAN Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/12). Jim Yong Kim yang kini bergabung di Global Infrastructure Partners (GIP) menyampaikan komitmennya untuk berinvestasi di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang menemani Jokowi dalam pertemuan itu mengatakan, Jim Yong Kim menyampaikan keinginan untuk berinvestasi di tiga lokasi Indonesia, salah satunya Kalimantan Utara.

Menurut Luhut, ada tiga bidang investasi yang disasar GIP, yakni proyek pembangkit listrik, manajemen bandara dan transmisi.

“Presiden sudah setuju tadi, yaitu di hydropower di Kalimantan Utara, kemudian di airport untuk manajemen airport dan juga transmisi," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/12).

Baca juga: Bank Dunia Sebut Ekonomi RI Membaik Tahun Depan

Luhut menambahkan, Presiden langsung memerintahkan menteri terkait untuk mengeksekusi rencana investasi Jim Yong Kim. Presiden berharap realisasi investasi dimulai tahun depan.

"Presiden tadi kasih instruction supaya kita langsung go ahead, karena Presiden sama Jim Yong Kim adalah teman baik," imbuhnya.

Menurutnya, nilai investasi yang akan ditanamkan sangat besar. Namun ia menolak menyebut jumlahnya.

“Akan sangat besar lah ya. Anda bisa bayangkan," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT