13 December 2019, 09:20 WIB

Bulog: Stok Beras Jelang Natal dan Tahun Baru Aman


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PERUM Bulog memastikan pasokan beras jelang perayaan Natal dan tahun baru 2020 di seluruh wilayah Indonesia dalam kondisi aman.

Bahkan, stok beras yang mencapai 2,1 juta ton diklaim masih cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga musim panen selanjutnya tiba.

“Dengan stok yang cukup besar dan tersebar, masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi kenaikan harga. Masyarakat bisa merayakan Natal dan tahun baru dengan tenang," ujar Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh melalui keterangan resmi, Jumat (13/12).

Sebagaimana diketahui, kebutuhan pangan kerap mengalami lonjakan di setiap hari besar keagamaan nasional termasuk Natal.

Jika tidak diantisipasi dengan baik, hal tersebut akan memicu kenaikan harga karena stok yang tersedia tidak mampu memenuhi keperluan masyarakat.

"Berkaca dari pengalaman sebelumnya, sekarang kami sudah antisipasi dengan baik," tuturnya.

Dengan stok yang ada, Bulog juga terus aktif melaksanakan Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras medium sepanjang tahun ini.

Adapun realisasi pelaksanaan KPSH sejak Januari sampai 12 Desember 2019 tercatat sebesar 533.048 ton.

“Kegiatan KPSH kami laksanakan setiap hari secara masif melalui pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta distributor sehingga mampu menahan laju kenaikan harga beras hampir selama 2019," ucapnya. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT