13 December 2019, 07:00 WIB

Morales Mendapatkan Suaka dari Argentina


Basuki Eka Purnama | Internasional

PRESIDEN terguling Bolivia Evo Morales, Kamis (12/12), tiba di Buenos Aires setelah Presiden Argentina Alberto Fernandez menawarkan suaka kepadanya.

"Morales baru saja mendarat di (Bandara) Ezeiza. Dia akan tinggal di Argentina sebagai pencari suaka dan diberi status pengungsi," ujar Menteri Luar Negeri Argentina Felipe Sola kepada stasiun televisi TN.

Morales ditemani sejumlah mantan pejabat teras Bolivia, Wakil Presiden Alvaro Garcia, Menteri Luar Negeri Diego Pary, Menteri Kesehatan Gabriela Montano, dan Duta Besar Bolivia untuk Organisasi Negara Amerika Jose Alberto Gonzales.

Para pejabat itu telah mendapingi Morales sejak dia melarikan diri ke Meksiko yang memberikan suaka kepadanya pada bulan lalu.

Baca juga: Puing-Puing Diduga dari Pesawat Cile yang Hilang Ditemukan

Menurut Sola, Morales merasa lebih nyaman berada di Argentina ketimbang di Meksiko.

Morales melarikan diri dari Bolivia setelah berkuasa selama 14 tahun. Dia kehilangan dukungan dari militer seiring beberapa pekan kekerasan yang menentang pemilu yang dianggap penuh kecurangan.

Morales mengklaim dirinya ditumbangkan lewat kudeta. Selama di Meksiko, dia melanjutkan perlawanan terhadap pemerintahan interim Bolivia lewat berbagai wawancara dan cicitan di Twitter. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT