13 December 2019, 06:53 WIB

Hama Wereng Mulai Menyerang Batang Padi di Pidie


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

Antara
 Antara
Hama wereng mulai menyerang sejumlah lahan pertanian di Kabupaten Pidie. Petani terpaksa memotong tanaman padi tersebut.

HAMA wereng mulai menyerang tanaman padi milik petani di kawasan Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Hama penyerang batang padi bagian bawah itu telah meresahkan ribuan petani setempat.

"Sudah ditemukan pada beberapa lahan sawah. Kalau lambat tertangani itu bisa sangat fatal. Karena populasi hama wereng sangat cepat dan bisa berakibat gagal panen" kata Abdullah, petani di Kabupaten Pidie, (12/12/2019).

Serangan hama wereng itu sangat cepat dan menular terhadap lahan sekitar. Bila satu lokasi telah terserang, dalam sepekan saja bisa menyerang puluhan lahan sawah sekitarnya.

Pihaknya berharap Dinas Pertanian Provinsi Aceh, segera turun ke lokasi, guna mendeteksi serangan secara detail. Pasalnya kemampuan petani untuk mengamati serangan awal atau pupolasi hama sangat lemah. Kadang mereka baru mengetahui adanya serangan setelah setelah batang padi rusak atau mengering.

"Harus menjelaskan kepada petani bagaimanan ciri awal serangan. Lalu ajari cara pencegahan dan mengatasi hama berbahaya itu" tutur Abdullah.

baca juga: Alasan Keamanan, BPK Pindahkan Pemeriksaan di Dua Kabupaten

Muhammad, Penyuluh Pertanian di Kecamatan Tiro Truseb, Kabupaten Pidie, mengatakan,  pihaknya telah mengimbau petani supaya mewaspadai serangan hama wereng. Petani diharapkan semakin rajin mengamati batang padi bagian bawah. Bila ada tanda-tanda serangan harus segera melakukan penanganan awal.

"Amati benar-benar. Lalu atasi secara terukur dan laporkan kepada kami" jelas Muhammad. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT