13 December 2019, 06:39 WIB

Partai Konservatif Menang, Johnson Tetap Pimpin Inggris


Fajar Nugraha | Internasional

AFP/Ben STANSALL
 AFP/Ben STANSALL
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

PARTAI Konservatif, berdasarkan exit poll, berhasil memenangkan pemilihan umum Inggris. Boris Johnson akan menikmati suara mayoritas di parlemen.

Exit polls yang dilakukan oleh Ipsos MORI atas nama Sky News, BBC dan ITV News memperkirakan Tories (nama lain Partai Konservatif) akan memenangkan 368 kursi, sementara Partai Buruh meraih 191 kursi, SNP 55 kursi, dan Demokrat Liberal 13 kursi.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (13/12), untuk membentuk pemerintahan mayoritas di House of Commons, sebuah partai perlu memenangkan lebih dari 325 kursi.

Exit polls itu menunjukkan Partai Buruh menjalani malam yang sangat mengecewakan. Jumlah kursi yang mereka dapatkan adalah yang terendah dalam beberapa dekade.

Baca juga: Pemilu Inggris akan Tentukan Nasib Brexit

Pada pemilihan terakhir, Juni 2017, Jeremy Corbyn berhasil membawa Partai Buruh memenangkan 262 kursi.

Angka-angka exit polls akan memberikan Perdana Menteri Boris Johnson legitimasi. Ini membuktikan keputusannya untuk mendorong pemilihan musim dingin.

Posisi sekarang juga menempatkan Inggris pada jalur untuk meninggalkan Uni Eropa pada 31 Januari Johnson sebelumnya berjuang kampanye pemilihan pada janjinya untuk "menyelesaikan Brexit".

Dalam hal kursi, exit polls menunjukkan Konservatif berada di jalur untuk hasil terbaik mereka sejak pemilu 1987. Sebaliknya, Partai Buruh ditetapkan untuk jumlah kursi terendah sejak 1935. (OL-2)

BERITA TERKAIT