13 December 2019, 06:07 WIB

Kalah Lagi, Greysia/Apriani Tersingkir dari BWF Finals


Achmad Firdaus | Olahraga

GANDA putri andalan Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu harus mengubur impian merebut titel BWF World Tour Finals 2019. Itu terjadi usai mereka menelan kekalahan kedua di fase grup.

Adalah pasangan Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, yang menutup peluang Greysia/Apriyani lolos ke semifinal.

Pasangan yang baru saja menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2019, Filipina itu harus menyerah lewat pertarungan ketat tiga gim.

Greysia/Apriyani sejatinya membuka duel melawan Chen/Jia di laga kedua Grup A dengan cukup baik. Dituntut meraih kemenangan untuk tetap menjaga asa lolos ke semifinal, Greysia/Apriyani tampil solid dan berhasil merebut game pertama 21-17.

Sayang, momentum tersebut gagal mereka pertahankan. Di gim kedua, Greysia/Apriyani tidak mampu menahan gempuran Chen/Jia yang menang dengan keunggulan cukup jauh 10-21.

Baca juga: Anthony Buka Peluang ke Semifinal BWF World Tour Finals 2019

Masuk gim penentuan, Greysia/Apriyani sempat memberikan perlawanan ketat. Sempat tertinggal 3-7, mereka berhasil mengejar dan bahkan berbalik unggul 10-9. Sayang, faktor fisik tampaknya cukup mengganggu pasangan nomor satu Indonesia tersebut.

Baik Greysia maupun Apriyani cukup kerepotan meladeni permainan cepat Chen/Jia. Akhirnya, mereka harus menyerah dengan skor 16-21.

Kekalahan itu sekaligus menutup peluang Greysia/Apriyani lolos ke babak semifinal karena sudah menelan dua kekalahan.

Sebelumnya, pada laga pertama Greysia/Apriyani juga dipaksa menyerah pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota 21-19, 5-21, dan 9-21.

Dengan kondisi ini, hasil laga Greysia/Apriyani melawan Du Yue/Li Yin Hui pada pertandingan terakhir dipastikan tidak lagi berarti. Sebab, kedua pasangan ini sama-sama menelan kekalahan di dua laga pertama mereka.

Sementara itu, dua tiket ke semifinal dipastikan menjadi milik Chen/Jia dan Yuki/Sayaka yang sama-sama mencatatkan dua kemenangan. Duel kedua pasangan di partai pamungkas nanti akan jadi pertarungan untuk memperebutkan status juara grup. (OL-2)

BERITA TERKAIT