12 December 2019, 23:10 WIB

Transaksi Meningkat di Harbolnas 12.12


Tesa Oktiana Surbakti | Ekonomi

DOK. 123RF
 DOK. 123RF
ilustrasi

Shopee mampu mengukir rekor baru transaksi dan pelayanan di Harbolnas 2019. Dalam waktu 53 menit, produk pertama yang dibeli pukul 00.00 WIB per 12 Desember 2019 langsung diterima pembeli.

SEJUMLAH platform e-commerce optimistis puncak perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang diperingati 12 Desember atau kemarin, mampu meningkatkan jumlah transaksi penjualan.

Optimisme itu antara lain didorong meningkatnya jumlah pengguna baru platform e-commerce yang mengakses melalui aplikasi maupun internet.

Hal tersebut antara lain ditunjukkan platform e-commerce Shopee yang kini sudah memiliki 2,5 juta pengguna aktif.

"Kami melihat new user atau pengguna baru Shopee kian terus meningkat. Apalagi melihat kampanye 11.11 lalu, banyak yang baru tertarik belanja daring. Terlebih setelah mereka mendengar festival 12.12 (Harbolnas). Jadi, kami melihat potensi (transaksi penjualan) masih besar," ungkap Direktur Shopee Indonesia, Christin Djuarto, di Jakarta, kemarin.

Shopee, misalnya, sukses mencatatkan rekor baru transaksi dan pelayanan di Indonesia pada Harbolnas 2019. Dalam waktu 53 menit, produk pertama yang dibeli pukul 00.00 WIB per 12 Desember 2019, langsung diantarkan dan diterima pembeli.

"Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pesanan, Shopee memulai proses pengiriman barang lebih cepat. Capaian luar biasa Shopee lainnya dalam satu jam ialah lebih dari 1,2 juta barang terjual, lalu produk Xiaomi Redmi Note 8 Pro terjual habis dalam waktu 6 menit," terang Christin.

Berbagai kesiapan dilakukan dalam menyambut Harbolnas, seperti armada Shopee24 yang siap mengantarkan paket, stok produk di gudang, serta layanan customer service 24 jam.

Untuk itu, dia meyakini transaksi Shopee 12.12 Birthday Sale sebagai program Shopee pada Harbolnas kali ini akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kampanye 11.11. Seperti diketahui, dalam kampanye 11.11, Shopee menorehkan penjualan 70 juta barang di semua area operasional Shopee.

"Memang kami tidak dapat share target festival belanja 12.12, tetapi yang jelas lebih tinggi daripada kampanye 11.11," ucapnya.

Hingga triwulan III 2019 Shopee mencatat lebih dari 138 juta transaksi dengan rata-rata lebih dari 1,5 juta transaksi per hari. Ia optimistis tren penjualan Shopee sampai akhir 2019 bakal berjalan positif.

Trafik pengunjung naik

Optimisme juga dilontarkan Head of Public Relation Blibli.com, Yolanda Nainggolan. Antusiasme masyarakat dalam Harbolnas 2019 terlihat dari peningkatan trafik situs Blibli ketika promo Harbolnas mulai berlaku.

"Di Harbolnas 12.12 Blibli.com tahun ini, dalam waktu 15 menit pertama sejak dibuka, trafik pengunjung naik 25% lebih besar dari tahun lalu. Trafik itu bertahan stabil dari tengah malam hingga pukul 7 pagi."

Ia menerangkan sejak satu jam pertama dibukanya Harbolnas 12.12 banyak pelanggan membeli produk otomotif, seperti motor dan mobil. Masyarakat juga banyak membeli produk makanan, susu, produk perawatan mandi, serta perlengkapan bayi dan anak.

Produk utilitas yang disediakan Blibli.com, seperti pulsa top-up PLN, pembayaran tagihan, dan pembelian pulsa jadi kategori kedua terlaris. Kategori lain yang diminati ialah smartphone dan peralatan elektronik.

Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono mengemukakan, pada Harbolnas 12.12 tahun ini pihaknya mencatatkan kenaikan transaksi hingga 28% ketimbang tahun lalu. Tahun ini program yang amat diminati masyarakat ialah program serbu seru, flash deal, dan cashback.

Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Dandy Rafitrandi mengamini tren peningkatan animo masyarakat pada Harbolnas. Menurutnya, belanja daring berpotensi besar untuk menggerakkan ekonomi nasional. "Sebenarnya 12.12 bukan hari besar bagi platform e-commerce, melainkan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah," tutup dia. (Dro/S-5)

BERITA TERKAIT