12 December 2019, 22:01 WIB

UEA Undang Jokowi ke Konfrensi Ekonomi Berkelanjutan


Thalatie K Yani laporan dari Madrid | Humaniora

PEMERINTAH Uni Emirat Arab (UEA) mengundang Presiden Joko Widodo ke Abu Dhabi Sustainability Week (ADSW) yang akan digelar pada 11-18 Januari 2020. Undangan itu disampaikan Menteri Perubahan Iklim dan Lingkungan UEA Thani Ahmed Alzeyoudi, dalam pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, di di Paviliun Gulf Coordination Council (GCC), Ferie de Madrid, Madrid, Spanyol, Rabu (11/12).

ADSW merupakan platform ekonomi berkelanjutan yang diinisiasi pemerintah UEA sejak 2008. ADSW 2020 terdiri atas 6 pilar utama, yaitu energi dan perubahan iklim, air dan pangan, masa depan mobilitas, luar angkasa, bioteknologi, dan technology for good.

Indonesia, kata Alue, saat ini telah memiliki NDC yang fokus pada sektor kehutanan dan energi. Di sektor energi, Indonesiatengah berada pada masa transisi dari fossil fuel-based energy ke energi baru dan terbarukan (EBT).

"Indonesia saat ini telah memiliki NDC yang fokus pada sektor kehutanan dan energi. Di sektor energi, Indonesia saat ini tengah berada pada masa transisi dari fossil fuel-based energy ke energi baru dan terbarukan (EBT)," ujarnya.

Di sisi lain, UEA telah berinvestasi di bidang panas bumi di Indonesia, salah satunya pembangkit listrik tenaga panas bumi di Kamojang, Garut, Jawa BArat. Alue juga mengundang UAE berinvestasi di industri hijau di Indonesia, khususnya rencana pembangunan pabrik baterai litium di Morowali yang diharapkan mampu memasok baterai untuk kendaraan listrik. (OL-8)

BERITA TERKAIT