12 December 2019, 19:50 WIB

Bank di Kaltim Uji Coba E-Money Tol Balikpapan- Samarinda


Rudi agung | Nusantara

JELANG  peresmian tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,3 kilometer, sejumlah bank di Kaltim melakukan ujicoba pembayaran dengan pemakaian uang elektronik (e-money).

Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Peredaran Uang Rupiah dan Layanan Administrasi Kantor Perwakilan BI Kaltim, Yudhistira, memastikan sejumlah bank di Kaltim telah siap melayani pembayaran jalan tol melalui e-money.

Untuk itu, sambung Yudhistira, Kantor Perwakilan BI Kaltim, bersama perbankan yang memiliki produk e-money melalukan uji coba penggunaan gardu tol otomatis di Pintu Tol Palaran, Balikpapan.

"Perbankan yang menyediakan, misalnya, BRI melalui Brizzi, BCA (Flazz), BNI (Tapcash), Mandiri (e-Money), dan BTN (Blink)," ujarnya, Kamis (12/12).

Ujicoba dilakukan untuk memastikan kesiapan operasional jalan tol pertama di Kalimantan ini.

Sebelum melakukan ujicoba langsung, menurut Yudhistira, sudah sebulan belakangan BI sendiri telah melakukan sosialisasi melalui berbagai kanal informasi.

Saat ini BI Kaltim tengah bergegas melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan e-money, khususnya untuk keperluan tol
pertama di Kalimantan ini.

"Apalagi kita mendapat informasi operasional tol Balikpapan-Samarinda akan diresmikan pertengahan Desember 2019," ujarnya.

Meski besaran tarif tol tersebut belum diputuskan, namun ujicoba pembayaran e-money dinilai penting dilakukan untuk memastikan kesiapan sarana prasarananya. (OL-11)

BERITA TERKAIT