12 December 2019, 17:48 WIB

Bea Cukai Pangkalpinang Musnahkan Jutaan Barang Ilegal


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Istimewa/Bea Cukai
 Istimewa/Bea Cukai
Bea Cukai Pangkalpinang melakukan pemusnahan jutaan barang milik negara (BMN) hasil penindakan selama periode 2018-2019, pada Rabu (20/11).

DEMI menjaga keseimbangan dan perkembangan industri dalam negeri, Bea Cukai Pangkalpinang, Bangka Belitung,  melakukan pemusnahan jutaan barang milik negara (BMN) hasil penindakan selama periode 2018 hingga 2019, pada Rabu (20/11) lalu.

Pada kegiatan pemusnahan barang-barang ilegal, Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalpinang, Yetty Yulianty, menngungkapkan barang yang dimusnahkan berupa rokok dengan berbagai merek sebanyak 1.017.000 batang, 41 botol minuman beralkohol, dan 1.950 mililiter liquid vape yang merupakan barang ilegal hasil tangkapan petugas.

“Keseluruhan nilai barang tersebut diperkirakan senilai Rp692.050.500 dengan potensi kerugian negara yang ditimbulkan sebesar Rp379.402.550,” ungkap Yetty.

Menurut Yetty, rokok dan miras yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan pada periode 2018 hingga 2019 melalui kegiatan operasi pasar di wilayah Pulau Bangka.

Pemusnahan BMN tersebut dilakukan dengan cara dibakar dan dirusak untuk menghilangkan fungsi dan sifat awal barang sehingga tidak dapat dipergunakan.

 “Dengan adanya pemusnahan ini diharapkan partisipasi dari unsur instansi pemerintah terkait dan masyarakat untuk meningkatkan sinergi dalam mengamankan hak-hak penerimaan negara,” pungkas Yetty.

Pemusnahan tersebut merupakan salah satu bentuk upaya nyata Bea Cukai dalam melindungi masyarakat serta industri dalam negeri.

Bea Cukai Pangkalpinang juga telah menjalankan usahanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan pengawasan Bea Cukai diharapkan dapat menciptakan daya saing  yang sehat antarpelaku usaha, sekaligus menjadi transparansi Bea Cukai dalam mengelola barang sitaan.(OL-09)

BERITA TERKAIT