12 December 2019, 15:01 WIB

Akhir Pekan Ini, Tol Japek II Elevated Bisa Dilintasi


Andhika Prasetyo | Ekonomi

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated, Kamis (12/12). Kendati sudah diresmikan, tol layang sepanjang 38 kilometer itu baru akan dibuka untuk umum pada akhir pekan ini setelah dilakukan pembersihan dan penyempurnaan rambu-rambu jalan.

"Dipastikan sebelum 20 Desember 2019 sudah bisa dipakai untuk umum," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat peresmian Tol Japek II Elevated di Cikampek, Jawa Barat, Kamis (12/12).

Terkait tarif, Basuki mengatakan pengguna jalan bisa menggunakan Tol Japek II dengan gratis setidaknya hingga libur Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Presiden akan Lepas Ekspor Isuzu Traga dan Resmikan Tol Japek

Dalam proses pembangunan, lanjut Basuki, Tol Japek II menemui banyak tantangan karena merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Di bawahnya, yakni Japek existing memiliki lalu lintas yang padat, mencapai 200 ribu kendaraan per hari.

"Proses pembangunan membutuhkan kehati-hatian tinggi. Waktu pengerjaannya pun hanya dari jam 10 malam sampai jam 5 pagi. Sabtu-Minggu dan hari raya sering diliburkan. Ditambah lagi ada dua proyek lain secara bersamaan yakni kereta cepat dan LRT, sehingga membutuhkan banyak koordinasi dimana hampir setiap minggu rapat," tutur Basuki.(OL-5)

BERITA TERKAIT