12 December 2019, 14:30 WIB

Ifa Isfansyah Sutradara Adaptasi Drakor Tunnel


Fathurrozak | Weekend

MI/ Fathurrozak
 MI/ Fathurrozak
(Kiri-kanan) para sosok dibalik Tunnel: Andrie Mashadi, Ifa Isfansyah, Shanty Harmayn, dan Verdi Solaiman. 

IFA Isfansyah yang film produksinya, "Kucumbu Tubuh Indahku", menjadi Film Terbaik Festifal Film Indonesia (FFI) 2019, kini menjadi sutradara film adaptasi serial drama Korea (drakor) "Tunnel".

Tunnel merupakan serial Korea yang rilis pada 2017 dan bersetting pada tahun 1986 dan 2017. Sementara, dalam adaptasi Indonesia, bersetting pada 1990 dan 2020. Kisah berputar pada detektif yang mengejar pembunuh berantai.

Dalam adaptasi Indonesia, Tunnel diproduksi oleh Base Entertainment bekerja sama dengan Fourcolours dan didistribusikan oleh GoPlay, layanan streaming yang berafiliasi dengan Gojek. Shanty Harmayn duduk sebagai eksekutif produser. Sementara Ifa Isfansyah menjadi sutradara bersama dengan Tata Sidharta dan Wicaksono Wisnu Legowo (sutradara Turah).

Ifa kebagian menyutradarai pilot episode yang terdiri dari dua episode. Pada dua episode ini, kita diperkenalkan dengan dunia Tunnel Yogyakarta. Tigor (Donny Alamsyah), merupakan polisi di satuan Polresta Yogyakarta. Ia belum lama menikah dengan Ambar (Putri Ayudya). Namun, Tigor tengah dihadapkan dengan kasus baru yang menugaskan dirinya untuk mengungkap kematian warga dengan cara aneh.

"Dari konsep cerita, memang di suatu ruang yang intim, dalam hal ini kota. Kasus-kasus yang ada menghantui warga. Secara cerita dibutuhkan ruang yang tidak besar. Sebelum Yogyakarta kita melihat kota lain. Penting mencari di mana kisah ini bisa terjadi. Kalau bicara Tunnel, karena memang di Korea terowongan banyak. Di sini (Indonesia) bukan suatu yang bisa (susah) dijumpai di mana pun. Di Yogyakarta memang bener ada. Jadi itu yang membuat kita percaya bahwa ini bisa digarap dengan sesuatu yang membumi," papar Ifa saat konferensi pers dan pemutaran episode perdana Tunnel di GoLearn, Pasar Raya, Blok M, Jakarta Selatan, Selasa, (10/12)

Di layanan Goplay, "Tunnel" yang berjumlah 16 episode, akan mulai tersedia pada 23 Desember 2019. Serial ini dibintangi Donny Alamsyah, Verdi Solaiman, Putri Ayudya, Andrie Mashadi, Hana Malasan, Dicky Difie, dan Abdul Adul. (M-1)

BERITA TERKAIT