12 December 2019, 10:54 WIB

Anies Resmikan Rumah Dp Rp0 di Cipayung


Kautsar Bobi | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan rumah down payment (DP) Rp0, di Nuansa Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Program tersebut berdiri di atas lahan seluas 2,9 hektare.

Anies menyebut program DP Rp0 menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian namun terkendala uang muka yang cukup mencekik.

Sedangkan beberapa masyarakat mengeluarkan biaya mengontrak dengan harga yang setara dengan cicilan hunian.

"Masyarakat seperti ini sekarang bisa mendapatkan akses perumahan lewat program DP nol rupiah," ujar Anies di Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (12/12).

Baca juga: APBD Disahkan, Anies Minta Proses Pemilihan Wagub Dipercepat

Hunian itu dipastikan memiliki fasilitas penunjang masyarakat hidup dengan layak. Seperti adanya fasilitas bermain, fasilitas belajar, hingga fasilitas berkumpul untuk penghuni.

"Iklim yang dibangun, kami berharap adalah iklim yang sehat, bahkan bagi keluarga-keluarga yang nanti tinggal di sini, insyaAllah mereka akan memiliki rasa kesetaraan dengan masyarakat lain," tuturnya.

Sementara itu, Direktur PD Sarana Jaya Yoori C Panintoan selaku pengembang menjelaskan lahan 2,9 hektare direncanakan dibangun empat tower. Satu tower dikhusukan untuk program DP Rp0.

"Satu tower sebanyak 850 unit dengan ketinggian 24 lantai dan dua tipe hunian, yaitu tipe studio dan dua kamar, diperuntukkan bagi program DP nol rupiah dengan nama Menara Samawa Cilangkap," jelasnya.

Ia menambahkan, pembangunan rumah yang ramah masyarakat menegah ke bawah itu ditargetkan akan rampung dalam dua tahun ke depan.

"Kami kembali bermitra dengan PT Totalindo Eka Persada Tbk. Dan direncanakan akan selesai dalam waktu dua tahun, atau pada kuartal ke-III 2021," imbuhnya.

Pembangunan DP Rp0 tersebut merupakan tahap II setelah pembangunan DP Rp0 di kawasan Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. (OL-2)

BERITA TERKAIT