12 December 2019, 10:51 WIB

17 Desa di Bojonegoro Diterjang Angin Beliung


Ahmad Yakub | Nusantara

MI/Ahmad Yakub
 MI/Ahmad Yakub
-Terjangan Angin beliung merobohkan rumah warga dan merusak fasilitas umum di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (11/12/2019) sore. 

TERJANGAN angin beliung kembali melanda 17 desa dari 4 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, pada Rabu (11/12/2019) petang. Sedikitnya sebuah rumah roboh dan belasan rumah lainnya mengalami kerusakan. Terjangan angin beliung disertai hujan deras juga mengakibatkan puluhan pohon tumbang di sepanjang jalan protokol kota setempat.

Bahkan, angin juga merusak sejumlah infrastruktur fasilitas umum dan tempat usaha warga. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat kemudian diturunkan untuk melakukan pembersihan pohon yang tumbang di jalanan. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa. Sedangkan, kerugian materi masih dalam pendataan. Berdasarkan data sementara dari kantor BPBD Bojonegoro menyebutkan, hujan disertai angin kencang di Bojonegoro melanda Kecamatan Bojonegoro, Kapas, Kanor, dan Baureno.

Terjangan angin yang berlangsung dengan hujan deras pada pukul 16.15 Wib itu, mengakibatkan 6 unit rumah mengalami rusak ringan, 5 rumah mengalami rusak sedang, dan 1 rumah roboh di Desa Wedi Kecamatan Kapas.

Selain itu, angin kencang juga merusak sarana infrastruktur umum. Antara lain, merusak gedung Dinas Pendidikan, Kantor Kecamatan Bojonegoro, Pasar Desa Sukorejo dan gedung pada kompleks Pemkab Bojonegoro. Puluhan pohon patah di sepanjang jalan protokol kota setempat.

Tercatat sedikitnya 17 pohon tumbang dan patah hingga mengakibatkan arus lalulintas terhambat. Bahkan, bencana tersebut juga merusak sejumlah tempat usaha warga. Di antaranya, tempat usaha, bengkel, dan warung makan.
            
"Sejak petang kemarin Tim Reaksi Cegat sudah kita turunkan untuk membersihkan pohon dari jalanan," kata Kalaksa BPBD Bojonegoro, Umar Ghoni, Kamis (12/12) pagi.

Tim gabungan ini, lanjut dia, terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran, dan Dinas Lingkungan Hidup setempat. Sampai Rabu malam, lanjut dia, TRC membersihkan 13 pohon tumbang di jalanan seputaran Kecamatan Kota Bojonegoro.

"Pohon tumbang dan patah harus ditangani untuk antisipasi sesuatu yang tidak diinginkan. Termasuk, memperlancar arus lalu lintas," tandasnya.

baca juga: Sebanyak 437,5 Kg Sosis Sapi Ditolak Masuk Babel

Umar juga mengimbau, agar masyarakat Bojonegoro untuk meningkatkan kewaspadaan. Terutama agar tidak di dalam rumah atau di dekat pintu ketika hujan disertai angin sedang berlangsung. Kemudian bagi pengguna kendaraan bermotor harap berhenti sejenak dan jangan berteduh di bawah pohon atau tiang dan papan reklame. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT