12 December 2019, 10:50 WIB

Berprestasi, Atlet Dayung akan Disalurkan ke BUMN Karya


Andhika Prasetyo | Olahraga

MI/Susanto
 MI/Susanto
Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono

CABANG olahraga (cabor) dayung menuai prestasi yang sangat baik pada SEA Games 2019. Dari 19 nomor yang diperlombakan, cabor tersebut bisa menyumbang hingga sepuluh medali emas. Padahal, target yang ditetapkan hanya lima medali emas.

Melihat hasil baik tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono memberi apresiasi kepada atlet-atlet dayung yang menorehkan prestasi.

Adapun, apresiasi yang diberikan berupa penempatan kerja di BUMN Karya.

"Para atlet yang belum memiliki pekerjaan tetap akan disalurkan untuk bekerja di BUMN Karya," ujar Basuki melalui keterangan resmi, Kamis (12/12).

Sedangkan, para atlet yang masih mengenyam pendidikan akan diberi beasiswa hingga lulus S1.

"Kami juga akan upayakan untuk berikan beasiswa S2 bagi atlet yang mau melanjutkan pendidikan," tutur pria yang juga menjabat Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) itu.

Baca juga: Yayah/Julianti Sumbang Emas Keenam untuk Cabor Dayung

Tidak hanya para atlet, pelatih dayung juga diberikan apresiasi berupa rumah yang dibangun langsung oleh Kementerian PU-Pera.

"Ini masuk ke dalam program rumah khusus bagi kelompok masyarakat tertentu. Masyarakat yang memberi kebanggaan dan mengangkat nama baik negara,” imbuhnya.

Basuki berharap, di masa mendatang, semangat kontingen dayung Indonesia tetap terjaga. Terlebih, tim dayung bersiap untuk berlaga kembali di Olimpiade Tokyo 2020.

“Ke depan, yang akan kita hadapi adalah Olimpiade di Jepang. Tetap jaga semangat bertanding. Saya harap, PODSI yang membawahi canoe, rowing dan TBR bisa memberikan kontribusi yang terbaik kepada bangsa dan negara," tutur Basuki.(OL-5)

BERITA TERKAIT