12 December 2019, 10:36 WIB

APBD Disahkan, Anies Minta Proses Pemilihan Wagub Dipercepat


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar proses pemilihan wakil gubernur DKI bisa dipercepat oleh DPRD DKI Jakarta. Karena, DPRD sudah selesai menunaikan tugas untuk membahas dan mengesahkan anggaran 2020.

"Sesungguhnya nama itu sudah ada di DPRD tinggal prosesnya kapan di sidang. Nama sudah sejak Maret. Jadi prosesnya ada di DPRD, bukan lagi di partai," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (11/12).

Pembahasan untuk menentukan siapa calon wagub yang akan menggantikan Sandiaga Uno telah dimulai sejak Januari. PKS dan Partai Gerindra sebagai partai pengusung di Pilkada 2017 berhak mengusulkan dan telah menyetor dua nama yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu yang dipilih melalui tes kepatutan dan kelayakan di Februari.

Baca juga: Gerindra Enggan Komentari Peluang Riza Patria jadi Wagub DKI

Lalu pada Maret, kedua partai pengusung menyetor dua nama ke Anies untuk kemudian diusulkan Anies ke DPRD DKI. Kedua nama tersebut pun sudah dikantongi DPRD dan dibiarkan mengendap selama sembilan bulan karena berbagai alasan seperti Pemilu serentak serta padatnya pembahasan anggaran.

"Nama sudah ada selama 9 bulan berarti tinggal diproses. Bukan lagi ada di kami," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT