12 December 2019, 10:00 WIB

Henry Yosodiningrat Polisikan Rocky Gerung


Ilham Pratama | Politik dan Hukum

ANTARA/Reno Esnir
 ANTARA/Reno Esnir
Ricky Gerung

POLITIKUS PDIP Henry Yosodiningrat melaporkan Rocky Gerung ke polisi. Henry menganggap unggahan orang bernama Rocky Gerung atau orang lain dalam akun Instagram @rockygerungofficial_ telah menghina dirinya.

"Bahwa terlapor (Rocky) dengan sengaja membuat informasi elektronik berupa caption, memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik saya," kata henry saat dikonfirmasi, Kamis (12/12).

Dia mempermasalahkan kalimat, "Yang ngelapor Dungu Sih" dalam caption yang diunggah pada Senin (9/12) dalam akun tersebut. Bagi Henry, caption tersebut tidak pantas ditujukan pada dirinya.

"Bahwa caption yang menyebut saya sebagai orang dungu merupakan penghinaan dan merupakan perbuatan yang sangat keji," tambah Henry.

Baca juga: Henry Yosodiningrat Laporkan Andi Arief ke Polisi

Terlebih, Henry mengaku dirinya adalah seorang terpelajar dan telah memperoleh gelar akademik doktor dalam ilmu hukum dengan predikat cum laude. Dia juga merasa telah dipermalukan secara moril.

"Bahkan telah mempermalukan profesi advokat, karena dianggap memiliki anggota yang dungu. Juga telah mempermalukan Partai PDI Perjuangan, karena dianggap memiliki kader yang dungu," jelas dia.

Selanjutnya, Henry meminta Bareskrim Polri melakukan penyelidikan yang dilanjutkan dengan penyidikan atas kasus ini.

Adapun barang bukti yang disertakan adalah screenshoot caption di Instagram @rockygerungofficial_ pada 9 Desember 2019 sekitar pukul 18.00 WIB. Serta print out arti kata dungu dari Kamus Besar Bahasa Indonesia yang artinya, sangat tumpul otaknya; tidak cerdas; bebal; bodoh.

Laporan itu telah teregister dengan nomor LP/B/1042/XII/2019/BARESKRIM tanggal 11 Desember 2019.

Perbuatan terlapor dikualifikasikan sebagai tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik sebagimana diatur dan diancam Pidana dalam ketentuan Pasal 27 ayat (3) jo. Pasal 45A ayat (2) UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (OL-2)

BERITA TERKAIT