12 December 2019, 07:57 WIB

Majalah Time Nobatkan Thunberg Sebagai Person of the Year 2019


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Evgenia ARBUGAEVA/TIME
 AFP/Evgenia ARBUGAEVA/TIME
Greta Thunberg di kover majalah Time setelah dinobatkan sebagai Person of the Year

GRETA Thunberg, remaja Swedia yang muncul menjadi suara generasinya melawan perubahan iklim, Rabu (11/12), dinobatkan sebagai Person of the Year 2019 oleh majalah Time.

Sama sekali tidak dikenal ketika meluncurkan aksi mogok melawan pemanasan global pada 2018, perempuan berusia 16 tahun itu kini telah menginspirasi jutaan orang di dunia untuk mendesak pemerintah dunia serius menangani perubahan iklim.

Kiprah Thunberg itu membuat dia dijagokan untuk meraih Hadiah Nobel.

"Wow, ini tidak bisa dipercaya," cicit Thunberg setelah pengumuman oleh majalah Times itu.

"Saya membagikan kehormatan ini bersama semua orang yang terlibat dalam gerakan #FridaysForFuture dan aktivis lingkungan di dunia," imbuhnya.

Baca juga: Warga Inggris Bersiap Berikan Suara di Pemilu

Majalah Time mewawancarai Thunberg di atas kapal layar yang membawanya dari Amerika Serikat (AS) kembali ke Eropa setelah anak perempuan itu melakukan tur keliling Amerika Utara untuk meningkatkan kepekaan terhadap perubahan iklim.

"Kita tidak bisa terus hidup bagai tidak ada hari esok karena faktanya hari esok itu ada," ujar Thunberg kepada majalah Time.

"Kebijakan iklim yang ada sangat saklek dan kompleks dan Thunberg tidak punya solusi ajaib untuk mengubahnya," kata majalah Time mengenai Thunberg.

"Namun, dia telah sukses menciptakan perubahan sikap global, mentransformasi jutaan kegelishan menjadi sebuah gerakan dunia yang menuntut perubahan segera. Dia telah menawarkan kejelasan moral bagi mereka yang siap bertindak dan melemparkan cela kepada mereka yang memilih diam," imbuh majalah itu.

Dalam tempo beberapa bulan setelah aksi protes tunggalnya di luar gedung Parlemen Swedia, Thunberg menjadi ujung tombak gerakan pemuda yang menuntut aksi penentu kebijakan dunia dalam menghadapi perubahan iklim.

"Saya ingin kalian panik," seru Thunberg kepada CEO dan pemimpin dunia di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Januari 2019 lalu. "Saya ingin Anda merasakan rasa takut yang saya rasakan setiap hari. Kemudian, saya ingin Anda bertindak."

Pernyataan Thunberg itu langsung viral di dunia maya. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT