12 December 2019, 06:21 WIB

Jesus Hattrick, Manchester City Lumat Dinamo Zagreb


Riyan Ferdianto | Sepak Bola

AFP/Denis LOVROVIC
 AFP/Denis LOVROVIC
Gabriel Jesus melakukan selebrasi usai menjebol gawang Dinamo Zagreb di laga lanjutan Liga Champions

MANCHESTER City mempertegas statusnya sebagai juara Grup C Liga Champions usai mengalahkan Dinamo Zagreb 4-1 di Stadion Maksimir, Kamis (12/11) dini hari WIB. Gabriel Jesus tampil gemilang dengan mencetak tiga gol.

Meski sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, Manchester City tetap bermain menyerang sejak awal laga. Terlalu asik menyerang, gawang City harus kebobolan pada menit kesepuluh.

Dinamo sukses memecah kebuntuan lewat aksi pemain muda mereka, Dani Olmo. Gelandang 21 tahun asal Spanyol itu menaklukkan Claudio Bravo setelah meneruskan umpan silang dari Damian Kadzior melalui tembakan voli.

City mencoba merespons ketertinggalan mereka pada menit ke-18. Ilkay Gundogan mengais peluang dari luar kotak penalti, namun tendangan sang gelandang masih bisa dimentahkan kiper Dinamo Dominik Livakovic.

Baca juga: Mourinho akan Istirahatkan Sejumlah Pemain Kontra Bayern

Dinamo kembali nyaris memanfaatkan kelengahan City untuk menggandakan skor. Lewat sebuah serangan balik pada menit ke-25, tim tuan rumah meneror Nicolas Otamendi cs. Namun, meski sudah dalam situasi 3 vs 2 Nikola Moro gagal melepas umpan dengan sempurna ke rekan setimnya.

City akhirnya berhasil menyamakan skor pada menit ke-34. Sontekan keras yang dilesatkan oleh Jesus tidak mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Dinamo. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, City langsung menekan pertahanan Dinamo. Alhasil, pada menit ke-50 Jesus membuat City unggul menjadi 2-1.

Tidak butuh waktu lama untuk City memperbesar keunggulan. Satu menit kemudian Jesus kembali mencetak gol sekaligus memperlebar keunggulan menjadi 3-1.

City semakin mendominasi permainan. Beberapa kali Raheem Sterling sempat membahayakan gawang Dinamo, namun masih bisa diredam barisan pertahanan lawan.

Jelang pertandingan berakhir Phil Foden memastikan kemenangan City menjadi 4-1. Pemain muda tersebut melesatkan sontekan keras yang tidak mampu dihalau kiper Dinamo. Skor 4-1 tidak berubah hingga laga usai.

The Citizens sendiri sudah mengamankan satu tiket ke babak 16 besar Liga Champions sejak pekan lalu dan berhak menyandang juara Grup C.

Wakil Inggris tersebut akan ditemani Atalanta ke babak 16 besar. Atalanta berhasil mengunci runner up usai mengalahkan Shakhtar Donetsk 2-0. (OL-2)

BERITA TERKAIT