11 December 2019, 22:53 WIB

Jelang Natal dan Tahun Baru, Menhub Inspeksi Ke Bandara Soetha


Sumantri | Megapolitan

Antara
 Antara
 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menginspeksi kesiapan Bandara Soekarno-Hatta menjelang liburan Natal dan Tahun Baru

MENJELANG Natal dan Tahun Baru 2020, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi keamanan (ram chek) penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (11/12) malam.

Dalam inspeksinya, Budi langsung mengecek beberapa maskai penerbangan yang disiapkan untuk melayani penerbangan ke berbagai daerah, baik dalam maupun luar Negeri.

"Dari 500 pesawat yang dipersiapkan untuk melayani penerbangan pada Natal dan Tahun baru ini akan dilakukan pengecekan secara acak," kata Menhub.

Pada hari ini, lanjutnya maskapai yang sudah dicek keamanannya sudah mencapai 50 pesawat. Menurutnya, kemungkinan dalam satu sampai dua hari kedepan sudah 200 pesawat yang dicek. Sehingga pada watu pelaksanaanya semua pesawat itu sudah siap digunakan.

Ditanya soal Runway 3 Bandara Soekarno, Budi mendukung apabila runway tersebut bisa dioperasikan pada saat Natal dan Tahun Baru ini. Pasalnya, dengan dibukanya runway 3, akan menambah dinamis lalu lintas penerbangan di Bandara Soekarno Hatta.

Hanya saja untuk mengopersikan runway tersebut, ia akan berkomunikasi dulu dengan Presiden Joko Widodo. " Kami akan membicarakan masalah ini terlebih dahulu dengab presiden. Mudah-mudahan dalam waktu dekat hal itu bida dilakukan," kata dia.

Terkait tarif tiket penerbangan Natal dan Tahun Baru, ia meminta kepada para pengguna jasa penerbangan agar melaporkan kepada pihaknya apabila ada maskapai penerbangan yang memberlakukan tarif mahal.

Karena, kata dia, Menteri Keuangan, Sri Mulyani telah merokomendasikan kepada masing-masing maskapal untuk tidak menaikan tarif itu berkali lipat pada saat jadwal penerbangan Senin - Kamis. " Silahkan para pengguna jasa penerbangan lapor kepada kami apabila pada Natal dan Tahun Baru ini ada maskapi yang menjuat tiketnya dengan harga yang sangat mahal," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT