12 December 2019, 05:10 WIB

Toyota Luncurkan Aplikasi mTOYOTA


(Cdx/S-1) | Otomotif

DOK. TOYOTA-ASTRA MOTOR
 DOK. TOYOTA-ASTRA MOTOR
Toyota Luncurkan Aplikasi mTOYOTA

SETELAH memperkenalkan chatbot Tarra, PT Toyota-Astra Motor memperkenalkan mobile apps yang dinamakan mTOYOTA. Hal itu guna meningkatkan kapabilitas digitalisasi demi kemudahan akses bagi pelanggan.

mTOYOTA hadir untuk melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya, seperti official website, berbagai akun media sosial, digital press room, hingga chatbot Toyota virtual assistant, Tarra.

Pada 10-15 tahun terakhir, telah terjadi pertumbuhan tren penggunaan internet yang didorong perkembangan teknologi digital. Kondisi itu berdampak pada perubahaan karakter konsumen dalam mendapatkan informasi tentang produk yang akan dibeli maupun layanan yang dibutuhkannya.

Sebelumnya, konsumen cenderung mencari informasi secara offline. Namun, saat ini dengan tingginya penetrasi internet, tren teknologi pun bergeser pada artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), dan e-commerce yang membutuhkan personalisasi lebih serta one stop digital experience yang menciptakan interkonektivitas.

"Untuk dapat mengikuti tren perkembangan dunia digital dan di tengah kompetisi yang semakin ketat, perlu adanya digital approach baru untuk meningkatkan engagement dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kemudahan akses," ujar President Director PT Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata, pada acara peluncuran mTOYOTA di Jakarta, Kamis (5/12).

Di sisi lain, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Kazunori Minamide, menjelaskan mTOYOTA hadir untuk semakin melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada sebelumnya. "Kami berharap, mTOYOTA dapat semakin meningkatkan pelayanan Toyota kepada pelanggan secara digital," kata Minamide.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menyebutkan bahwa mTOYOTA memiliki fitur-fitur yang memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan, dari proses search/pencarian, purchase/pembelian, hingga own/kepemilikan. "mTOYOTA memiliki tiga aspek keunggulan, yakni platform digital ini mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement," kata Anton.

Peluncuran aplikasi baru ini disaksikan berbagai komunitas Toyota, di antaranya Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI). Sapto Prayitno, selaku Ketua Umum KTCI, menyambut antusias. "Ini yang kita tunggu-tunggu. Satu aplikasi mencakup semua kebutuhan mengenai mobil Toyota, baik untuk booking service, informasi seputar diler, chatbox, dan sebagainya," ujar Sapto.

Menurut Sapto, yang sangat menarik adanya kanal komunitas berisi 18 komunitas di bawah naungan Toyota Owners Club (TOC). (Cdx/S-1)

BERITA TERKAIT