12 December 2019, 02:35 WIB

Kesempatan Terakhir Arsenal dan Rangers


MI | Sepak Bola

RUNNER-UP musim lalu, Arsenal, serta tim asuhan Steven Gerrard, Glasgow Rangers, harus berjibaku di laga terakhir penyisihan grup Liga Europa, dini hari WIB nanti. Kedua tim itu termasuk 19 peserta yang berebut 11 tiket tersisa ke babak 32 besar ajang antarklub kasta kedua Eropa itu.

Pelatih caretaker Freddie Ljungberg bakal memberi komando kepada the Gunners untuk lolos ke babak sistem gugur, setelah pemecatan Unai Emery. Manajemen tim 'Meriam London' mendepak Emery setelah takluk 1-2 dari Eintracht Frankfurt pada laga kandang, bulan lalu.

Ljungberg, salah satu legenda Arsenal, bermodal kemenangan 3-1 atas West Ham pada laga Liga Primer, Senin (9/12) lalu. Kemenangan yang mengakhiri catatan terburuk Arsenal sejak 1977, yakni tidak pernah menang sepanjang sembilan laga beruntun.

Arsenal membutuhkan minimal satu poin saat melawat ke markas Standard Liege, Belgia, pada laga Grup F. Tanpa tambahan satu angka krusial itu, laju ke babak 32 besar Liga Europa bisa terganjal.

Tambahan motivasi juga harus dipompakan Steven Gerrard kepada anak asuhnya setelah Rangers takluk 0-1 dari Celtic di final Piala Liga Skotlandia, akhir pekan lalu. Pasalnya, syarat meraih tiket 32 besar, yakni Rangers harus lolos dari kekalahan kedua di Liga Europa, saat menjamu juara Swiss, Young Boys di Grup G.

"Kami memiliki pertandingan besar Kamis (12/11) (dini hari nanti) dan tidak ada lagi kesempatan yang lebih baik untuk bangkit kembali," kata Gerrard.

Legenda Liverpool itu berkeyakinan perjuangan sepenuh hati bakal mengantar tim di posisi yang menjadi harapan. Kekalahan dari Celtic merupakan awal untuk bangkit.

Sementara itu, bos Manchester United Ole Gunnar Solskjaer berencana akan menurunkan tim dengan usia rata-rata 22 tahun dan 26 hari saat melawan Az Alkmaar di Old Trafford pada laga Grup L.

Keberanian Solskjaer memainkan skuat muda disebabkan 'Setan Merah' memang sudah menasbihkan diri lolos ke babak 32 besar dengan raihan sepuluh poin dari lima laga. (AFP/Ykb/R-2)

BERITA TERKAIT