12 December 2019, 05:15 WIB

Punya Tas Branded? Perhatikan Cara Merawatnya


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Weekend

AFP/THOMAS SAMSON (STF)
 AFP/THOMAS SAMSON (STF)
Tas-tas merek premium, terutama yang berbahan kulit, membutuhkan perawatan tersendiri.

Memiliki tas branded, alias bermerek premium, memang menjadi kebaggan tersendiri. Terlebih bagi para perempuan yang memang menjadikan tas sebagai salah satu penunjang penampilan. Namun, tas tak selalu dipakai setiap hari, apalagi kalau memiliki ragam tas yang berbeda.

Merawat tas bermerek terbilang sama sulitnya untuk mendapatkannnya. Perlu ketelitian khusus untuk mengenali si tas ini. "Untuk beli tas branded perlu diteliti bahan dan keasliannya. Harus beli di store yang tepercaya sehingga dapat sertifikat. Begitupun dengan merawatnya," kata Trisha Amanda Chas, Founder dan Owner Zeta Bags ketika ditemui dalam pembukaan butik terintegrasi pertama Zeta Bags di Kemang Square, Jakarta, Rabu (11/12).

Menurut dia, dalam merawat tas bermerek, apalagi yang berbahan kulit seperti yang dijual di tokonya tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, agar warna tas awet dan tak lekas memudar, jangan dibersihkan terlalu sering. Apalagi dengan sembarang bahan, seperti tisu basah. Tas berbahan kulit pun perlu dikeluarkan dari tempat penyimpanan secara rutin.

"Tas leather itu sama seperti kulit kita yang perlu udara, jadi jangan didiamkan terus di dalam lemari. Enam bulan sekali keluarkan dan angin-anginkan selama beberapa jam," lanjutnya.

Trisha juga menyarankan agar lemari penyimpanan tas diberi lampu agar tetap teroksidasi. "Lampunya tak harus memiliki watt besar, sinar kecil juga sudah bermanfaat agar warna tas tidak berubah," lanjut Trisna. Menurutnya, jika warna dan tekstur tas berubah, sulit untuk mengembalikannya lagi. (M-2)

BERITA TERKAIT