11 December 2019, 22:00 WIB

Gibran akan Mendaftar Calon Wali Kota


MI | Nusantara

GIBRAN Rakabuming Raka dijadwalkan mendaftar sebagai bakal calon  Wali Kota Surakarta ke sekretariat DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) di Semarang, Kamis (12/12). Di kantor DPD PDIP ia akan mengambil formulir pendaftaran sebagai peserta Pilkada Surakarta 2020, lalu langsung mengembalikannya pada hari yang sama.
 
Menurut Koordinator Lapangan Pendaftaran, Kuat Hermawan, semua dokumen dan visi misi sebagai bakal calon wali kota sudah komplit dan siap dilampirkan.
“Rombongan akan berangkat dari Gedung Graha Saba, Sumber, Surakarta, Kamis (hari ini) sekitar pukul 08.30 WIB,” katanya di Surakarta, Rabu (11/12).

Saat dimintai konfirmasi terkait keberatan Paguyuban Warga Solo Peduli Pemilu (PWSPP) atas pencalonan Gibran sebagai bakal calon wali Kota Surakarta karena pada pilkada 2015 ia golput, Kuat tidak menjawab.

Sebelumnya Ketua PWSPP Johan Syafaat Maharani menilai sikap Gibran pada pilkada 2015 itu bukan contoh yang baik untuk pendidikan politik. Karena itu, ketika kemudian pada pemilihan wali kota yang akan berlangsung 2020 ia mencalonkan diri, PWSPP menilai itu sebagai hal yang aneh.

Dalam pesta demokrasi empat tahun lalu, pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta diikuti pasangan Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri dan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo. Pemilihan kemudian dimenangkan oleh pasangan oleh pasangan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Purbalingga, Jateng, Subeno dan Ketua DPD Partai Golkar Purbalingga Sudono mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati melalui PDIP.

Subeno mengaku sudah mengambil dan mengembalikan berkas pendafataran, sedangkan Sudono belum mengembalikannya. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi juga telah mendaftakan diri sebagai calon bupati melalui DPC PDIP Purbalingga. (WJ/LD/RF/N-1)

BERITA TERKAIT