11 December 2019, 16:34 WIB

RS MMC Jakarta Terima PLKK Award 2019 dari BP Jamsostek


Deri Dahuri | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Penyerahan PLKK Award 2019 dari BP Jamsostek kepada RS MMC Jakarta di Jakarta, Rabu (11/12). 

DINILAI telah memberi pelayanan kesehatan terbaik kepada peserta program BPJS Ketenagakerjaan atau kini disebut BP Jamsostek yang mengalami kecelakaan kerja, Rumah Sakit (RS) Metropolitan Medical Centre (MMC) Jakarta menerima Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) Award 2019 dari BP Jamsostek.

Pemberian PLKK Award 2019 diberikan langsung oleh Direktur Pelayanan BP Jamsostek Krishna Syarif kepada Direktur Utama (Dirut) RS MMC Dr Roswin Rosnim Djaafar, MARS di Auditorium Soerjo, RS MMC, Jakarta, Rabu (11/12).

Dalam acara PLKK Award 2019 yang juga digelar seminar dengan menghadirkan pembicara dari BP Jamsostek dan RS MMC, juga dihadiri Ketua Kantor Dagang Indonesia (Kadin) Jakarta Pusat Viktor Aritonang, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jakarta Pusat Hariyadi B Sukamdani, Deputi Direktur Bidang Kebijakan Operasional Program BP Jamsostek Yasaruddin, dan  Pejabat Pengganti Sementar BP Jamsostek Cabang Salemba Muhammad Anis Fahrurrozi.

Seusai menyerahkan PLKK Award 2019 kepada Dirut RS MMC, Direktur Pelayanan BP Jamsostek  Krishna Syarif mengatakan acara ini sebagai bentuk apresiasi kepada RS MMC adalah sebagai PLKK terbaik dari  7.951 PLKK yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kita juga ingin meninggalkan stigma bahwa pelayanan rumah sakit bagi peserta program BP Jamsostek itu tidak mahal sebagai bentuk perlindungan dari pemerintah kepada pekerja melalui program BP Jamsostek,” kata Krishna.

Krishna mengatakan bahwa pemerintah eksis dan hadir dalam memberi pelayanan kesehatan kepada para pekerja yang  menjadi peserta BP Jamsostek. “Kita ingin bilang kepada masyarakat, ada hak tenaga kerja. Mereka harus tahu bahwa saat kecelakaan kerja, itu sudah standarnya melalui fungsi jaminan sosial dari BP Jamsostek.” .

“Saya imbau kepada masyarakat untuk segera menjadi peserta program BP Jamsostek dengan Rp16.800 ribu per orang setiap bulan. Namun saat mengalami semua biaya ditanggung dan tidak harus membayar uang sepeser pun,” jelas Krishna.

Ia menjelaskan RS MMC layak mendapat PLKK Award 2019 karena memiliki sarana, kompotensi, dan pelayanan yang baik kepada peserta BP Jamsostek yang mengalami kecelakaan. “Selama 2019, RS MMC telah melayani sekitar 200 peserta BP Jamsostek dengan nilai lebih dari Rp1 miliar.”

Sementara itu, Dirut RS MMC Dr Roswin Rosnim Djaafar, MARS mengatakan PLKK Award 2019  merupakan apresiasi dari BP Jamsostek terhadap RS MMC.

“Penghargaan diterima RS MMC  karena kita salah satu rumah sakit komprehensif dalam menangani kecelakaan kerja. Mulai dari emergensi, keadaan akut, operasi tindakan definitif sampai rehabilitasi hingga pasien bisa kembali bekerja dan kami patuh terhadap ketentuan dari BP Jamsostek,” papar Roswin.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BP Jamsostek, Dr.Merry Triwisatawati, yang hadir mewakili Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring, mengatakan dengan adanya PLKK Award diharapkan dapat merangsang mitra kerja PLKK untuk terus melakukan inovasi dan memberikan pelayanan terbaiknya kepada peserta.

 "Hingga saat ini BPJS Jamsostek Kanwil DKI Jakarta telah melakukan kerja sama dengan mitra kerja Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) sebanyak 616 PLKK. Untuk ke depannya kita akan perluas dan terus melakukan kerja sama dengan klinik, Puskesmas, balai pengobatan, praktek dokter Bersama, dan rumah sakit yang ada di DKI Jakarta," ucap Merry.

Merry menambahkan  jumlah santunan prbgram Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang sudah dibayarkan  BP Jamsostek  Kanwil DKI Jakarta sampai dengan periode bulan November 2019 ini sebesar Rp.249.086.018.795 dengan jumlah transaksi sebanyak 12.345. (OL-09)

 

BERITA TERKAIT