11 December 2019, 16:26 WIB

Masalah Alih Bahasa Jadi Ganjalan di Kasus Doping Sun Yang


Despian Nurhidayat | Olahraga

AFP/Jean-Guy Phyton
 AFP/Jean-Guy Phyton
Sun Yang saat akan menjalani persidangan di CAS

PENGADILAN Arbitrase untuk olahraga (CAS) dibuat bingung dengan kesaksian juara dunia renang asal Tiongkok, Sun Yang yang dituduh menggunakan doping oleh Badan Antidoping Dunia (WADA) karena perilakukan menghancurkan sampel darah yang akan dijadikan alat pembuktian doping.

Kebingungan CAS tersebut didasari oleh kesaksian juara Olimpiade itu pada persidangan November lalu dengan menggunakan bahasa mandarin dan menggunakan jasa alih bahasa profesional.

CAS menilai, kesaksian Yang berbeda dengan terjemahan dari sang translater. Karena itu, CAS pun hingga kini belun bisa memutuskan sengketa antara Sun Yang dengan WADA tersebut.

Baca juga : Posisi Indra Sjafri Sebagai Pelatih Akan Dievaluasi

"Beberapa kekhawatiran muncul terkait kualitas interpretasi kesaksian Yang. Kami saat ini sedang mempersiapkan transkrip tertulis yang disepakati dari persidangan, termasuk terjemahan lengkap dari kesaksian Yang. Dari situ pihak kami akan membahas dan mempersiapkan putusan untuk Yang," ungkap CAS dilansir dari AFP, Rabu (11/12).

Yang sebelumnya telah diputus WADA bersalah karena mangkr dari pemeriksaan tes doping. Perenang spesialis gaya bebas bertinggi badan 2 meter itu pun dihukum tak boleh mengikuti kejuaraan renang internaisonal maupun domestik selama 8 tahun.

Yang pun dituduh telah menghancurkan sampel darah yang akan digunakan untuk menguji penggunaan doping. Federasi Renang Internasional (FINA) pun membenarkan perilaku Yang tersebut. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT