11 December 2019, 16:23 WIB

Belum Capai Target, PBTI Jadikan SEA Games 2019 Evaluasi Pembinaa


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

Dok. PBTI
 Dok. PBTI
Timnas taekwondo Indonesia di SEA Games 2019

TIM nasional cabang olahraga taekwondo Indonesia belum mampu mencapai target 2 medali emas pada ajang SEA Games 2019 Filipina. Reinaldy Atmanegara cs hanya mampu membawa pulang 2 medali perak dan 8 perunggu di cabor yang dipertandingkan di Ninoy Stadium kawasan Rizal Memorial Sport Complex, 7-9 Desember.

Meski belum bisa mencapai target,  Manajer Timnas taekwondo Indonesia yefi Triaji memuji penampilan taekwondoin Indonesia yang berjuang habis-habisan di Filipina. Terbukti, 2 taekwondoin Indonesia di nomor kyorugi (tarung) mampu mencapai partai final.

Keduanya adalan Reinaldy Atmanegara di kelas U-54 kg putra dan Mariska Halinda di kelas U-53 kg putri.

Yefi mengakui penampilan timnas taekwondo Indonesia masih banyak yang harus diperbaiki. Ada banyak faktor masalah, baik teknis maupun non-teknis.

"Secara komprehensif semuanya sudah kita identifikasi dan analisa secara obyektif untuk selanjutnya kita laporkan kepada Ketua Umum dan akan kita evaluasi dan tindaklanjuti hasilnya," kata Yefi dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Posisi Indra Sjafri Sebagai Pelatih Akan Dievaluasi

Dalam waktu dekat, lanjut Yefi, pihaknya akan segera melakukan evaluasi total dengan menampung semua saran dan kritik konstruktif bagi pembinaan atlet di bawah naungan Pengurus Besar Taekwondoin Ondonesia (PBTI).

Di sisi lain, Ketua Umum PBTI Letjen TNI (Purn) H. Thamrin Marzuki mengucapkan selamat atas perjuangan seluruh tim yang sudah dengan penuh semangat mengeluarkan segala kemampuannya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara.

“Kalah dan menang itu biasa, namun segala kekurangan wajib kita evaluasi untuk bekal kemajuan kita kedepan.” ujar Thamrin.

Thamrin menegaskan, penampilan di SEA Games, khususnya untuk beberapa atlet usia muda merupakan bagian dalam menimba pengalaman dan jam terbang bertanding.

"SEA Games kali ini merupakan pengalaman berharga dan harus menjadi pelajaran berharga pula untuk makin meningkatkan potensi dan kemampuannya di masa depan," ujarnya.

Seperti diketahui, pada SEA Games 2017 Malaysia silam, timnas taekwondo Indonesia sukses merebut 2 emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Medali emas disumbangkan oleh Mariska Halinda (U-53 Kg putri) dan Ibrahim Zarman (U-63 Kg putra). (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT