11 December 2019, 14:05 WIB

Hepatitis A Kembali Mewabah di Depok


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
 ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Pasien yang terjangkit Hepatitis A dirawat di RSUD Depok, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019)

HEPATITIS A menjadi perbincangan luar biasa di Kota Depok. Setelah penyakit menular ini mewabah di SMPN 20 Kota Depok dengan jumlah penderita 84 orang, kembali mewabah di SDN Depok Baru 4, Kota Depok. Mewabahnya penyakit Hepatitis A ini membuat banyak orang panik.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengatakan Hepatitis A yang menghinggapi SDN Depok Baru 4 terjadi dalam beberapa hari terakhir.

"Dari penelusuran tim kami di lapangan, hingga saat ini tercatat ada dua orang siswa SDN yang terduga terpapar virus Hepatitis A di SDN Depok Baru 4 Kota Depok," ujar Novarita saat di konfirmasi, Rabu (11/12).

Hepatitis A yang mewabah di Kota Depok sudah dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Penetapan status KLB atas mewabahnya virus Hepatitis A di Kota Depok berdasarkan data pada 20 November 2019, yakni ada puluhan orang diduga terpapar hepatitis A di SMPN 20 Kota Depok.

"Wabah Hepatitis A di SDN Depok Baru 4 sedang kami telusuri sumbernya, semoga tidak ada lagi penambahan kasus baru," ucap Novarita.

Baca juga: Kemenkes Lakukan Intervensi Kasus Hepatitis A di Depok

Status KLB di Kota Depok akan dicabut ketika masa inkubasi terpanjang pada masyarakat yang terpapar Hepatitis A terlewati.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, lanjut dia, berupaya mencegah adanya penderita baru dengan sosialisasi. Karena, tidak menutup kemungkinan akan muncul kasus baru.

Mewabahnya penyakit ini membuat banyak pihak bertanya-tanya tentang penyakit hepatitis A.

Kepala Keasistenan Tim 7 Ombudsman Republik Indonesia, Ahmad Sibirin, mengungkapkan penyakit Hepatitis A di Kota Depok rentan menyerang anak SD dan SMP.

" Kami minta Dinas Kesehatan untuk membawa sampel makanan dan air minum untuk dicek di Laboratorium," kata Ahmad.

Januari lalu, 33 siswa SDN Mekarjaya 30 Kecamatan Sukmajaya terpapar virus Hepatitis A. Rentannya Hepatitis A atau yang biasa disebut penyakit kuning pada lingkungan sekolah harus menjadi catatan serius Dinas Pendidikan Kota Depok dan Dinas Kesehatan Kota Depok.

Seperti diketahui, Hepatitis A merupakan penyakit yang menyerang organ hati. Organ hati akan alami peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan parasit Hepatitis A. Penyakit ini akan menular dengan mudah, bisa melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi penyakit kuning.(OL-5)

BERITA TERKAIT