11 December 2019, 09:53 WIB

Sambut Tanam Bawang, Wadah Hidangan Mitoni Pakai Timba Ceret


Supardji Rasban | Nusantara

SEORANG kepala desa (Kades) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, punya cara unik dalam menggelar acara selamatan tujuh bulan usia kandungan istrinya dalam istilah Jawa dikenal mitoni. Yakni, hidangan yang diberikan kepada yang diundang menggunakan timba ceret, atau alat yang biasa digunakan untuk menyiram tanaman bawang merah. Bukannya cepon atau wadah lainnya yang terbuat dari bambu atau plastik seperti lazimnya.
     
Kades tersebut yakni Kades Curug, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, bernama Jumarso, 35. Acara mitoni sendiri digelar Selasa (10/12/2019) malam di depan rumahnya, yang dihadiri 300 warga setempat dan sejumlah undangan lainnya dari luar desa.
     
Jumarso menuturkan alasan tempat hidangan menggunakan timba ceret karena saat ini di wilayah Desa Curug dan sekitarnya sudah mulai musim tanam bawang merah. Sehingga ceret menjadi sangat berguna sebagai alat penyiram tanaman bawang merah.
     
"Idenya sebenarnya spontan saja. Kami kan hidup di desa yang mayoritas warga di desa sini sebagai petani bawang merah. Hampir tiap hari mereka menyiram tanaman bawang merah. Mengapa tempat hidangan tidak mengunakan timba ceret saja yang praktis bisa langsung dimanfaatkan," tutur Jumaro.
     
Jumarso menyampaikan jauh hari sebelum acara mitoni pihaknya sudah memesan timba ceret karena jumlahnya yang cukup banyak.

"Kalau saya beli sekaligus 300 ceret tidak mungkin karena jumlah itu terlalu banyak," terangnya.

Yang tak kalah penting menurut suami dari Saryati itu, selamatan mitoni dimaksudkan memohon kepala Allah SWT agar ketika lahir nanti anak pertamanya itu selamat dan tanpa ada halangan apapun.
     
"Bayinya selamat dan istri saya juga selamat. Dan tentu kami berharap anak kami yang lahir nanti akan menjadi anak yang saleh kalau lelaki, dan solehah kalau perempuan," ucapnya.
     
Seorang warga Desa Curug yang ikut selamatan mitoni, Wasito, 40, mengaku senang bisa diundang selamatan oleh orang nomor satu di desanya tersebut.

"Apalagi ini tempat hidangannya timba ceret, sangat bermanfaat dan langsung bisa saya gunakan untuk menyiram tanaman bawang merah saya," ujar Sodikin.
     
Sodikin mengaku tanaman bawang merahnya yang kurang dari setengah hektare (Ha) tersebut saat ini baru berumur 25 hari.

baca juga: Khofifah Terima Penghargaan Pemimpin Perubahan

"Memang sedang waktunya tiap hari pagi dan sore harus disiram," turut Wasito .
     
Timba ceret  merupakan alat penyiram bawang yang dibuat dari seng. Bentuknya memanjang menyerupai perahu mini, yang di samping kanan kiri serta bawangnya terdapat lubang-lubang tempat keluar air. Timba ceret ini lazim dugunakan para petani di Kabupaten Brebes untuk menyiram tanaman bawang merah mereka. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT