11 December 2019, 00:00 WIB

Tunjukkan Taji sebagai Striker Murni


(Faj/R-1) | Olahraga

 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
  ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.
Pemain Timnas U-22 Indonesia Osvaldo Haay 

Osvaldo Haay menjadi pemain timnas U-23 Indonesia yang bersinar di ajang SEA Games 2019 Filipina. Di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tahun ini tersebut, Osvaldo menunjukkan tajinya dengan torehan delapan gol. Kegemilangan Osvaldo juga membawa 'Garuda Muda' lolos ke babak final melawan Vietnam.

Ada cerita di balik perjalanan Osvaldo hingga menjadi bomber andalan 'Garuda Muda'. Awalnya ia diproyeksikan untuk mengisi posisi winger seperti posisi aslinya. Posisi striker saat itu akan diisi M Rafli dan striker veteran Beto Goncalves yang dipanggil Indra Sjafri untuk mengikuti pemusatan latihan.

Namun, cedera yang diderita Beto mendekati turnamen menjadi berkah bagi Osvaldo. Indra bereksperimen dengan menempatkannya sebagai striker bersama M Rafli.

Pada pertandingan pertama SEA Games 2019 lawan Thailand, Indra memilih memasang M Rafli sebagai striker. Ketika serangan buntu, Indra memasukkan Osvaldo untuk menaikkan intensitas serangan.

Dengan kecepatan dan penempatan posisi yang baik, eksperimen Indra ternyata berbuah manis. Osvaldo mencetak satu gol untuk kemenangan 2-0 atas Thailand. Sejak saat itu, Osvaldo terus mencetak gol dan mengoleksi delapan gol.

Osvaldo merupakan pemain muda yang menjanjikan. Setelah meniti karier di tanah kelahiran, Persipura Jayapura, Osvaldo Haay mengilap bersama Persebaya Surabaya. Pemain berusia 22 tahun itu dinobatkan sebagai pemain muda terbaik di Liga 1 2018 berkat kontribusi 10 gol dan 2 assist.

Osvaldo juga sempat menjalani trial di klub Spanyol, CD Numancia, pada Januari hingga Februari 2019. Bersama tim nasional, ia turut membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 di Kamboja, Februari 2019. Osvaldo mencetak gol kedua sekaligus mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di babak final. (Faj/R-1)

BERITA TERKAIT