10 December 2019, 21:12 WIB

Timnas Gagal Akhiri 28 Tahun Puasa Medali Emas


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

Antara
 Antara
Penjaga gawang Timnas U-22 Indonesia Nadeo Arga Winata (tengah) tertegun saat terjadi gol dari Timnas Vietnam

INDONESIA harus menyerah dari Vietnam dengan skor 3-0 pada laga final SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa (10/12) malam.

Vietnam membuka keunggulan melalui tandukan Doan Van Hau pada menit ke-39. Van Hau yang leluasa menyundul bola gagal ditepis kiper Nadeo.

Pelatih timnas U-23 Indoesia Indra Sjafri lantas memasukkan Egy pada babak kedua menggantikan Witan Sulaiman guna mempertajam intensitas serangan. Egy diharapkan bisa menembus pertahanan rapat yang digalang bek Vietnam.

 

Baca juga: Osvaldo Haay Penyerang Dadakan yang Bersinar di SEA Game

 

Alih-alih menyamakan kedudukan, Garuda Muda kembali tertinggal melalui sepakan Do Hung Dung pada menit ke-59.

Tertinggal dua gol, Indra Sjafri menarik keluar Sani Rizki dan memasukkan Muhammad Rafli untuk menambah daya gedor Garuda Muda. Namun, Garuda Muda tidak bisa membobol gawang Vietnam.

Vietnam memperlebar jarak menjadi 3-0 melalui gol kedua Doan Van Hau. Hasil ini bertahan hingga laga usai dan Vietnam menjadi juara dan menyabet medali emas.

Ini adalah sejarah bagi sepak bola Vietnam, karena berhasil merebut emas perdana sejak 1959. Vietnam selalu kandas dari lima kali final SEA Games,

Sedangkan Indoesia harus puas dengan medali perak. Kekalahan ini juga memperpanjang puasa medali emas yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991 Manila. (OL-8)

BERITA TERKAIT