10 December 2019, 13:50 WIB

Panen Raya Picu Harga Gabah Turun


Cikwan Suwandi | Nusantara

Antara
 Antara
Panen raya yang terjadi di Kabupaten Karawang menyebabkan harga gabah panen kering anjlok.

PANEN raya di Karawang, Jawa Barat menyebabkan jatuhnya harga gabah. Para petani mengaku harga gabah mereka hanya dibeli tengkulak seharga Rp4.600 hingga Rp4.800 per kg gabah kering panen (GKP). Rizki Jumatun petani asal Cikeris, Kutawaluya mengatakan saat ini hasil panen cukup bagus. Dari satu hektare sawah menghasilkan gabah hingga 6 ton.

Namun harga gabah saat ini mencapai Rp4.600 per kg GKP. Angka jual itu dinilai jauh dibandingkan dengan panen sebelumnya mencapai Rp5.200 per kg GKP.

"Turun kalau saat ini karena memang panen raya. Beda dengan panen yang sebelumnya Rp5.200 perkilonya," ungkap Rizki kepada Media Indonesia, Selasa (10/12).

baca juga: PT Jasa Raharja Siapkan Mudik Gratis Nataru

Hal serupa juga dialami oleh Rustandi petani asal Pulojaya, Lemahabang yang mengaku jika gabahnya hanya ditawar Rp4.800 perkilogram GKP. Tetapi ia mengaku masih beruntung jika gabahnya masih ditawar cukup tinggi dibandingkan dengan petani lain. Kalau dikatakan turun ya turun harganya. Tetapi saya masih lumayan Rp4.800 dibandingkan dengan petani-petani lain ada yang mencapai Rp4.400 perkilogramnya," katanya. (OL-3)

BERITA TERKAIT