10 December 2019, 10:35 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Kalteng di Level Cukup Baik


Surya Sriyanti | Nusantara

MI/Surya Sriyanti
 MI/Surya Sriyanti
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng Rihando menyampaikan sambutan pada pertemuan tahunan Bank Indonesia  2019 Kalteng.

PERTUMBUHAN ekonomi Kalimantan Tengah pada saat ini berada pada level cukup baik. Meskipun ekonomi Kalteng pada triwulan ketiga 2019 cukup melambat namun capaian akhir 2019 secara keseluruhan diperkirakan lebih baik dibandingkan 2018.

"Pada tahun 2019, ekonomi Kalimantan Tengah diperkirakan tumbuh pada kisaran 6,0- 6,4 persen (year of year/yoy),lebih baik dibandingkan capaian tahun 2018 sebesar 5,64 persen (yoy)," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Rihando pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (10/12/2019) di  Palangka Raya.

Dijelaskan Rihando, inflasi Kalteng sampai pada November terpantau rendah dan stabil. Dan pada tahun ini inflasi Kalteng diperkirakan masih berada pada target inflasi nasional.

"Pencapaian inflasi Kalteng yang rendah dan stabil tidak lepas dari peran aktif dan komitmen Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalteng," tambah Rihando.

Bank Indonesia menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh anggota TPID Provinsi Kalteng dan kabupaten kota juga seluruh instansi terkait, Satgas Pangan, serta Bulog yang mendukung pencapaian inflasi yang rendah dan stabil.

baca juga: 930 Aparat Siaga Pada Hari HAM di Jayapura

"Inflasi yang terjaga tecermin dari tingkatan kesejahteraan Kalteng yang membaik," tutur dia.

Hal ini terukur dari indikator tingkat pengangguran terbuka sebesar 4, 10 persen dan tingkat kemiskinan sebesar 4,98 persen yang menunjukkan perbaikan pada tahun 2019. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT