10 December 2019, 11:30 WIB

Pesawat Militer Cile Hilang Saat Menuju Antartika


Willy Haryono | Internasional

PESAWAT militer Cile yang mengangkut sebanyak 38 orang dinyatakan hilang usai lepas landas menuju salah satu pangkalan di Antartika pada Senin (9/12).

"Pesawat C-130 Hercules lepas landas pukul 16.55 dari kota Punta Arenas menuju pangkalan President Eduardo Frei Antarctic Base. Ada 38 orang di pesawat tersebut," ungkap pernyataan resmi Angkatan Udara Cile dikutip dari AFP, Selasa (10/12).

Selain itu, sebanyak 17 dari 38 orang yang ada di pesawat merupakan kru, sementara sisanya ialah penumpang.

Status waspada telah dideklarasikan usai menara pengawas kehilangan komunikasi dengan pesawat tersebut. Sebuah tim pencari dan penyelamat telah disiagakan dan siap beroperasi.

Menurut laporan militer Cile, pesawat tersebut sedang menjalankan misi dukungan logistik untuk operasi perawatan di sejumlah fasilitas milik negara di Antartika.

Baca juga: Pesawat Hilang Kontak Dalam Penerbangan Ke Oksibil

Kecelakaan pesawat militer terjadi dari waktu ke waktu di banyak negara. September lalu, pesawat jet tempur Mig-29 buatan Soviet jatuh dalam sesi latihan di Slovakia.

Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Slovakia, sang pilot berhasil melontarkan diri saat pesawatnya menukik tajam dekat kota Nitra, sekitar 100 kilometer dari Brataslava.

Satu bulan setelahnya, pesawat jet tempur F-16 milik Amerika Serikat jatuh di dekat kota Trier, Jerman. Sesaat sebelum jatuh menghantam tanah, pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat.(medcom.id/OL-5)

BERITA TERKAIT