10 December 2019, 01:30 WIB

Poin Penentu di Laga Pemungkas


AFP/Ykb/R-1 | Sepak Bola

Paul ELLIS / AFP
 Paul ELLIS / AFP
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (tengah) saat sesi latihan di Melwood di Liverpool, Inggris, jelang pertandingan melawan Salzburg.

SAAT Manchester City dan Tottenham Hotspur sudah memastikan satu tempat di babak 16 besar Liga Champions­, dua klub Inggris lainnya, Liverpool dan Chelsea, masih harus berjuang hingga match day terakhir penyisihan grup. Meraih poin menjadi hal wajib bagi Liverpool dan Chelsea jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

Liverpool, yang merupakan juara bertahan, di laga terakhir penyisihan Grup E dini hari nanti akan dijamu wakil Austria, Salzburg, di Stadion Red Bull Arena. Untuk lolos, ‘si Merah’ yang kini memimpin klasemen dengan poin 10, cukup bermain imbang.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan kemenangan 3-0 atas Bournemouth di Liga Primer pekan lalu jadi modal apik sebelum tampil di Red Bull Arena. Klopp mengatakan kemenangan atas Bournemouth ialah persiapan ideal untuk kunjungan ke Salzburg.

“Modal tampil apik dan bisa clean sheet, saya harap bakal berguna saat melawan Salzburg. Kemenangan di liga rasanya bagus dan menenangkan,” ujar Klopp.

Menghadapi Salzburg, Klopp kembali bisa mengandalkan Naby Keita. Gelandang asal Guinea tersebut telah kembali ke lapangan hijau setelah sembuh dari cedera dan mencetak­ satu gol kemenangan Liverpool atas Bournemouth. “Keita hebat, Mohamed Salah, benar-benar kuat,” ucap Klopp.

Satu-satunya masalah yang dialami Klopp ialah cederanya Dejan Lovren. Namun, Klopp yakin Lovren hanya menderita masalah kecil dan berharap bek Kroasia itu bisa tampil di Salzburg.

Di sisi lain, Salzburg, yang berada di posisi ketiga klasemen dengan poin 7, dipastikan akan tampil habis-habisan untuk meraih poin penuh. Kemenangan atas Liverpool akan membuat tim besutan Jesse Marsch lolos ke-16 besar.

Selain Liverpool dan Salzburg, Napoli juga masih berpeluang lolos. Di laga terakhir, Napoli yang berada di posisi kedua dengan poin 9, akan menjamu Genk yang sudah dipastikan tersingkir.

Di Grup H, kemenangan di laga pemungkas menjadi harga yang tidak bisa ditawar Chelsea saat menjamu Lille di Stamford Bridge. Meraih tiga poin akan menjamin lolosnya the Blues tanpa harus bergantung hasil laga lain antara Ajax kontra Valencia.

Chelsea saat ini berada di peringkat ketiga dengan poin, setingkat­ di bawah Valencia yang memiliki poin sama tetapi unggul selisih gol, sedangkan Ajax berada di posisi pertama dengan poin 10.

Di atas kertas, Chelsea tidak akan sulit untuk mengalahkan Lille yang baru meraih satu poin dari lima laga. Namun, moral tim besutan Frank Lampard tersebut sedang tidak bagus setelah dibekap Everton 1-3 di Liga Primer, akhir lalu.

Menghadapi Lille, Lampard diprediksi akan membuat perubahan pada formasi awalnya dengan Jorginho hampir dipastikan kembali bermain di lini tengah. Pemain Italia tersebut akan mengisi satu tempat di lini tengah Chelsea bersama Christian Pulisic dan Willian untuk memberikan suplai ke lini depan yang akan diisi Tammy Abraham. (AFP/Ykb/R-1)

BERITA TERKAIT