09 December 2019, 21:55 WIB

Kementerian BUMN Siapkan Wadirut PLN Dampingi Rudiantara


Faustinus Nua | Ekonomi

STAF ahli Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengungkapkan akan ada wakil direktur utama (wadirut) yang mendampingi Rudiantara sebagai direktur utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Wadirut untuk memperkuat karena ke depan PLN akan sangat banyak isu. Isu untuk mengurangi impor, energi terbarukan dan lain sebagainya," kata dia di Kompleks Kementerian BUMN (9/12).

 

Baca juga: 5 Dipecat, Direksi Garuda Indonesia Sisa 2 Orang

 

Kehadiran wadirut, lanjutnya untuk memperkuat kinerja perseroan ke depan. PLN saat ini sedang dikejar untuk menyelesaikan mega proyek 35.000 MegaWatt (MW). Proyek tersebut merupakan program Pemerintahan Jokowi jilid I yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi PLN. Begitu pula program lainnya yang dicanangkan untuk menekan impor.

Terkait nama wadirut yang akan mendampingin Rudiantara, Arya mengatakan akan diumumkan pada saat RUPS. Dia hanya menjelaskan bahwa wadirut merupakan internal PLN yang punya pengalaman di perseroan tersebut.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa mantan Rudiantara akan menempati pos dirut PLN mengingat saat ini hanya dijabat pelaksana tugasnya (Plt). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan pun membenarkan hal itu.

"Kan sesuai dengan TPA (penunjukan Rudiantara) Menteri teknis, Menteri BUMN dan Pak Jokowi. Tinggal di RUPS aja dalam waktu dekat," terang Arya.

Arya juga menambahkan bahwa Rudiantara mempunyai pengalaman dan paham dengan persoalan PLN. Untuk itu, mantan Menteri Kominfo tersebut dinilai mempunyai kapasitas untuk memimpin perusahaan plat merah tersebut. (OL-8)

BERITA TERKAIT