09 December 2019, 19:51 WIB

Ungguli Tuan Rumah, Tim Voli Putri Raih Perunggu


Budi Ernanto laporan dari Filipina | Olahraga

Budi Ernanto
 Budi Ernanto
Warga Manila tengah mengantre untuk membeli tiket masuk pertandingan voli antara timnas Filipina dan Thailand di Philsports Arena

TIM voli putri Indonesia berhasil mengalahkan timnas Filipina di laga perebutan medali perunggu di SEA Games 2019, Senin (9/12). Dalam pertandingan yang berlangsung di Philsports Arena, Manila itu timnas yang dikapteni Wilda Sugandi mennh 3-2 (25-20, 24-26, 25-15, 20-25, dan 16-14).

Menurut manajer timnas Indonesia Santiaji Gunawan, kemenangan diraih cukup sulit karena lawan didukung langsung oleh publiknya sendiri. "Hampir semua bangku penonton penuh. Dukungan penonton tentu jadi tekanan karena mempengaruhi mental," kata Santiaji kepada Media Indonesia seusai pertandingan.

Tekanan itu pula yang menjadi faktor pendukung bagi tuan rumah untuk bisa mencuri set. "Makanya tadi jadinya bergantian menang. Untuk itu sangat penting bagi kami mengatur strategi dan alhamdulillah akhirnya menang," ujar Santiaji.

Mengenai kekuatan kubu lawan, Santiaji tidak mengatakan bahwa mereka sangat tangguh. Dia menilai Filipina sama seperti timnas Indonesia. Apa yang membedakan hanya soal semangat dan hal teknis. "Lawan punya keinginan untuk menang makanya bisa curi dua set," katanya.

Seusai laga Indonesia kontra Filipina, berlangsung partai final antara timnas Thailand dan Vietnam. Tim Negeri Gajah Putih berhasil menang 3-0 (25-15, 25-15, dan 25-17) dari tim yang mengalahkan Indonesia di fase penyisihan pekan lalu itu. (OL-8)

BERITA TERKAIT