09 December 2019, 19:44 WIB

Hadapi Natal-Tahun Baru, Kereta Api Terus Lakukan Penyempurnaan


Hilda Julaika | Ekonomi

Antara
 Antara
Teknisi memeriksa kaki-kaki lokomotif di Dipo Lokomotif Stasiun Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/12/2019). 

DIREKTUR Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri memastikan hasil ramp check kereta api untuk Natal dan Tahun Baru 2019-2020 sudah siap. Hanya terdapat hal-hal minor yang masih harus disempurnakan. Kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang diprediksi menarik penumpang hingga 15%.

"Ramp check kereta api sejak 1 Oktober sudah dilakukan dan akan selesai pada 13 Desember. Tinggal yang sifatnya minor saja," ujar Zulkifli di Jakarta, Senin (9/12).

Stasiun kategori sedang dan besar, lanjut Zulkifli, sudah memenuhi standar layanan. Termasuk pemenuhan aspek keselamatan, keamanan, dan kemudahan beribadah. Terhitung sebanyak 109 stasiun dan 104 kereta api sudah dilakukan ramp check oleh Kemenhub.

Baca juga:5 Dipecat, Direksi Garuda Indonesia Sisa 2 Orang

Zulkufli pun menekankan agar masyarakat tidak perlu khawatir terhadap pelayanan kereta api untuk Natal dan Tahun Baru nanti. Pihaknya mengklaim selalu rutin melakukan ramp check. Kesiapan sarana selalu dievaluasi dan saat ada kekurangan langsung diperbaiki baik lokomotifnya maupun keretanya.

"Ramp check sarana dilakukan secara rutin. Dilihat pemenuhan bagaimana kesiapan sarana dan langsung diperbaiki lokomotif ataupun keretanya. Sudah ada 289 lokomotif yakni, 245 di Jawa dan 44 di Sumatra dan keretanya ada 2.075," terangnya. (Hil/A-5)

BERITA TERKAIT