09 December 2019, 16:49 WIB

Berkomitmen Antikorupsi


mediaindonesia.com | Nusantara

DALAM rangka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar kegiatan bernama KPK Mendengar sebagai bahan refleksi komisi antirasuah itu dalam menjalankan tugas pemberantasan korupsi ke depan. Acara tersebut bertujuan, antara lain, mendapatkan saran dan masukan dari stakeholders, dalam hal ini pimpinan kementerian, lembaga, dan kepala daerah, agar manfaat pencegahan tindak pidana korupsi lebih dirasakan masyarakat.

Kegiatan yang digelar pada hari ini di Gedung Merah Putih KPK itu, hadir sebagai pembicara Menteri Dalam Negeri, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jaksa Agung, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Wali Kota Batam, dan Gubernur Sulsel.

Keberadaan Nurdin sebagai salah satu peserta pada kegiatan yang digelar KPK itu sangatlah wajar. Pasalnya, Nurdin merupakan penerima Bung Hatta Anti-Corruption Award pada 2017 kala masih menjabat sebagai Bupati Bantaeng.

Setelah menjabat sebagai Gubernur Sulsel, Nurdin tetap berkomitmen membangun pemerintahan yang bersih dari korupsi. Karenanya, Nurdin selalu mengingatkan semua aparatur sipil negara di lingkup Pemprov Sulsel untuk selalu mengelola anggaran dengan baik dan mencegah penyalahgunaannya.

Salah satu cara pencegahannya, Pemprov Sulsel kini selalu menggandeng KPK. Selain untuk mencegah korupsi, KPK juga selalu memberi arahan dalam pengadaan barang jasa. Hal itu termasuk juga mengajarkan perencanaan anggaran, penyelesaian proyek-proyek strategis dan prioritas yang belum rampung, serta merapikan aset. “Transparansi merupakan kunci bagi kita untuk menjalankan pemerintahan dengan sebaik-baiknya. Transparansi akan mencegah korupsi,” tandas Nurdin. (LN/S3-25)

BERITA TERKAIT