09 December 2019, 15:12 WIB

Dewan Komisaris Garuda Tunjuk Empat Plt Direksi


Faustinus Nua | Politik dan Hukum

 ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
  ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Komisaris Garuda Herbert Timbo Siahaan.

DEWAN Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) resmi menunjuk empat pelaksana tugas direksi. Sebelumnya empat  jajaran Direksi Garuda diberhentikan sementara menyusul kasus penyelundupan Harlay Davidson dan sepeda Brompton beberapa waktu lalu.

"Hari ini (9/12), pukul 13.50 WIB, Dekom GA (Garuda) secara resmi memberhentikan empat direktur dan mengangkat empat plt direktur termasuk direktur operasi dan direktur teknik," kata Komisaris Garuda Herbert Timbo Siahaan di Jakarta, Senin (9/12).

Meski sudah ditetapkan plt Direksi Garuda, Timbo belum menerangkan siapa saja Plt yang baru diangkat. Sementara yang sudah diketahui adalah Plt Dirut Garuda pada 6 Desember 2019, Dewan Komisaris menunjuk Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia, Fuad Rizal untuk mengisi pos tersebut.

Sebelumnya, pada Sabtu (7/12) Dewan Komisaris memberhentikan empat jajaran Direksi Garuda termasuk Direktur Utama Garuda Ari Askhara. Hal itu, menyusul kasus penyelundupan sepeda motor besar Harley Davidson dan sepeda Brompton beberapa waktu lalu.

Keempat direksi yang diberhentikan merupakan jajaran direksi yang ikut dalam penerbangan perdana Garuda A330-900 dari Toulose Prancis menuju Jakarta.

Keempatnya diduga turut terlibat dalam kasus yang menyeret nama Dirut Garuda Ari Askhara sebagai pemilik Harley Davidson tersebut.

Berdasarkan manifest, keempat direktur tersebut adalah, Direktur Utama Garuda I Gusti Ngurah Askhara, Direktur Teknik dan Layanan Garuda Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, dan Direktur Capital Human Heri Akhyar.(Van/OL-09)

BERITA TERKAIT