09 December 2019, 13:18 WIB

Jaksa Agung Tak Mau Kompromi Terhadap Jaksa Nakal


Putra Ananda | Politik dan Hukum

JAKSA Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin menuturkan dirinya tidak akan segan-segan untuk menindak oknum jaksa nakal yang berada di bawah jajarannya.

Hal tersebut ungkapkan Jaksa Agung ST Burhanuddin di Gedung Badan Diklat Kejaksaan RI, Jakarta, Senin (9/12).

"Kita tidak bisa biarkan saja kalau ada jaksa nakal. Tentunya akan kita beri tindakan atau juga binaan," ungkap Burhanuddin.

Burhanuddin melanjutkan, salah satu cara untuk mengeleminasi para jaksa nakal di jajaranya adalah dengan menerapkan sistem program lelang jabatan untuk para Kepala Kejaksaan tinggi (Kajati) dan Kepala Kejaksaan Negri (Kejari).

Dengan begitu, dirinya meyakini institusi kejaksaan akan mendapatkan pimpinan terbaik.

"Tentu kita akan mencari yang terbaik di situ, jadi jangan asal suka dan tidak suka aja dia didudukkan di situ. tetapi yang betul-betul mencari pimpinan yang berkualitas," ujarnya.

Adapun hingga saat ini mekanisme lelang jabatan masih dalam tahap pembahasan. Burhanuddin mengatakan, lelang jabatan tersebut nantinya akan diperuntukkan pada tahun 2020.

Terpadat tujuh wilayah yang akan segera dimulai proses lelang jabatan dimulai dari Kejati kelas 1 yaitu, Sumatera Utara Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

"Kita gini, kita akan merumuskannya dulu ya, kita belum untuk tahun ini, tahun 2020," ucapnya. (Uta/OL-09)

BERITA TERKAIT